Kemah MTsN 3 Bantul, Kamboja Regu Terbaik

beritabernas.com – Regu Kamboja yang diketuai Nadia Nailil `Izza (7a) tampil menjadi regu terbaik dalam Perkemahan Kenaikan tingkat MTsN 3 Bantul yang digelar di Edugarden Pusat Informasi Agroteknologi (PIAT) UGM Kalitirto, Berbah, Sleman, Senin-Rabu 12-14 Juni 2023.

Menurut Ketua Panitia Drs Sutanto, tema yang diusung dalam perkemahan adalah Mewujudkan Pramuka Penggalang Agamis, Berkarakter, Kreatif dan Kompetitif diikuti 147 peserta kelas 7. “Dari 14 lomba, Regu Kamboja yang didukung yang solid meraup poin tertinggi 25 sehingga berhak menyandang predikat sebagai regu terbaik,” imbuh Sutanto.

Saat menutup perkemahan, Kepala MTsN 3 Bantul Sugeng Muhari S.Pd.I menandaskan arti penting mengikuti kegiatan perkemahan yakni kedisplinan dan kemandirian.

“Dari kegiatan perkemahan selama 3 hari 2 malam ini, kalian dilatih untuk selalu disiplin dan mandiri. Disiplin mengikuti setiap kegiatan, salat tepat waktu, melakukan kegiatan secara teratur. Kalian juga dilatih untuk hidup mandiri menyiapkan keperluan makan selama berkemah, mencuci alat makan, tidak tergantung dengan orang tua. Sehingga bekal selama kemah ini sangat bagus untuk diimplementasikan untuk hidup dimasa datang,” tegas Sugeng.

Kebun Anggrek, salah satu sub bidang pusat edukasi di PIAT UGM. Foto: Sutanto

Dalam kesempatan itu, Kepala Madrasah selaku Kamabigus juga melantik 74 (12 laki-laki, 62 perempuan) peserta menjadi Penggalang Ramu. Hal ini didasarkan dari hasil ujian SKU yang telah dilaksanakan selama latihan dan pengamatan keterampilan maupun kejiwaan.

“Pelantikan 74 penggalang ramu kita maksudkan untuk menambah jumlah pramuka yang terlantik dengan harapan akan menambah kuantitas penggalang berkualitas,” terang Sutanto.

Sutanto menambahkan, dipilihnya PIAT UGM sebagai ajang perkemahan karena tak hanya menyediakan lokasi yang representatif dengan dukungan sarana prasarana memadai, namun peserta mendapatkan tambahan pengetahuan melalui sub bidang PIAT. Ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi peserta yakni Perikanan dan Tata Kelola Air, Rumah Inovasi Daur Ulang, Peternakan dan Kesehatan Hewan, Hidroponik, Lahan Organik. (lip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *