Kemenag Sleman Serahkan Bantuan Kitab Suci untuk Umat Gereja Paroki Babadan

beritabernas.com – Sebagai salah satu bentuk dukungan pemerintah terhadap pelaksanaan peribadatan  di Gereja Katolik, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sleman, DIY memberikan bantuan berupa kitab suci untuk umat Gereja Paroki Santo Petrus dan Paulus, Babadan, Wedomartani, Ngemplak.

Penyerahan bantuan dilakukan oleh H Sidik Pramono S.Ag MSi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman, didampingi CB Ismulyadi SS M.Hum (Penyelenggara Bimas Katolik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman) di Smart Room Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman, Selasa 16 Mei 2023.

Bantuan sarana peribadatan berupa Kitab Suci Deuterokanonika kepada umat Gereja Paroki Santo Petrus dan Paulus Babadan tersebut diterima oleh Elisabeth Emma Widyaningsih selaku Ketua Bidang Pewartaan dan Evangelisasi Paroki Santo Petrus dan Paulus, Babadan didampingi Petrus Sumadiono dan Edelbertus Jara.

Menurut H Sidik Pramono, sesuai pesan Menteri Agama RI Dr (HC) KH Yaqut Cholil Qoumas, Kementerian Agama tidak hanya mendampingi umat beragama Islam, tetapi juga umat beragama Katolik, Kristen, Hindu, Buddha dan Kong Hu cu.

Penyerahan bantuan kitab suci. Foto: Istimewa

“Penyerahan Kitab Suci Deuterokanonika kepada Gereja Santo Petrus dan Paulus Babadan, Wedomartani ini merupakan wujud dukungan pemerintah dan negara dalam pelaksanaan peribadatan dalam Gereja Katolik,” kata H Sidik Pramono dalam siaran pers yang diterima beritabernas.com, Selasa 16 Mei 2023.

H Sidik Pramono mengatakan, dalam kerangka semangat kerukunan dan keberagaman, kita harus bersatupadu menjaga relasi yang harmonis baik secara internal (sesama umat dalam satu agama), maupun secara ekstern (dengan umat beragama lain).

“Dalam konteks persiapan menjelang pesta rakyat hendaknya rumah ibadah bisa dihindarkan dari simbol-simbol kampanye. Semoga masyarakat Katolik mendukung terlaksananya hajat politik sehingga menjadi pesta rakyat yang aman, rukun dan damai,” harap Sidik Pramono. 

BACA JUGA:

Sementara Elisabeth Emma Widyaningsih mengaku bersyukur dapat hadir di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman dan menyambut baik penyerahan sarana peribadatan berupa Kitab Suci Deuterokanonika.

“Mewakili Pastor Paroki Antonius Saptana Hadi Pr, semoga Kitab Suci ini membantu kami dalam karya pewartaan, secara khusus mendukung umat yang saat ini sedang mengikuti dan melaksanakan kegiatan Sekolah Kitab Suci.,” kata Emma.

Menurut Emma, umat Gereja Katolik Santo Petrus dan Paulus Babadan tentu akan bekerjasama dengan semua pihak dan umat beragama lain untuk menjaga semangat kerukunan dalam kebersamaan.

“Kami juga mengucapkan terima kasih karena selama merayakan hari besar keagamaan, baik Paskah dan Natal, umat Gereja Santo Petrus dan Paulus, Babadan dapat berdoa dan beribadat dengan aman dan nyaman. Dukungan keamaan dari pemerintah baik Kalurahan, Kapanewon dan berbagai kelompok sungguh berperan dalam hal ini,” kata Emma seraya menyebutkan peta wilayah dan karya Gereja Santo Petrus dan Paulus, Babadan meliputi 28 lingkungan, 6 wilayah dan bahkan berbatasan dengan daerah Klaten, Jawa Tengah. 

Dari kiri ke kanan: Elisabeth Emma Widyaningsih, H Sidik Pramono S.Ag MSi dan CB Ismulyadi SS M.Hum. Foto: Istimewa

Sementara CB Ismulyadi SS M.Hum, Penyelenggara Bimas Katolik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman, mengucapkan terima kasih kepada H Sidik Pramono S.Ag MSi (Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman) yang berkenan menyerahkan sarana prasarana peribadatan berupa Kitab Suci.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Elisabeth Emma Widyaningsih, Ketua Bidang Pewartaan dan Evangelisasi Paroki Santo Petrus dan Paulus Babadan, yang telah menerima bantuan tersebut.

“Semoga Kitab Suci ini sungguh mendukung pelaksanaan Sekolah Kitab Suci yang sedang dilaksanakan di Gereja Santo Petrus dan Paulus Babadan dan menjadi berkat bagi karya pewartaan kabar gembira selanjutnya,” harap CB Ismulyadi. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *