Kopasgat Minta Maaf kepada Pemotor Korban Insiden Salah Paham

beritabernas.com – Gara-gara salah paham, seorang anggota TNI AU menendang sepeda motor yang dikendarai Sri Dewi Kemuning (21 tahun) di Jatiwarna, Bekasi, Senin 24 April 2023 siang. Atas insiden yang terjadi karena salah paham itu, Kopasgat (Komando Pasukan Gerak Cepat) TNI AU melalui Komandan Detasemen Pertahanan Udara (Denhanud) 471 Pasgat Letkol Pas Bagus Ajar Pamungkas meminta maaf kepada korban maupun keluarganya, Rabu 25 April 2023.

Dalam video yang viral pada hari Senin 24 April 2023, seorang anggota TNI yang mengendarai sepeda motor yang kemudian diketahui bernama Praka ANG, anggota Denhanud 471, terlihat menendang sepeda motor yang dikendarai Sri Dewi Kemuning yang berboncengan dengan anaknya.

Beruntung sepeda motor yang dikendarai Sri Dewi Kemuning itu tidak jatuh tapi hanya sedikit oleng. Sementara Praka ANG yang mengenakan seragam dinas TNI terus melaju setelah menendang sepeda motor korban.

Praka ANG minta maaf dengan memeluk orangtua korban insiden salah paham. Foto: Dispen AU

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah S.Sos dalam siaran pers yang diterima beritabernas.com, Selasa 25 April 2023, menyebutkan, pihak TNI AU melalui Komandan Denhanud 471 Pasgat telah mendatangi rumah Sri Dewi Kemuning di Pondok Ranggon, Bekasi untuk meminta maaf. Pihak keluarga korban Sri Dewi Kemuning dan ayahnya sudah memaafkan peristiwa yang terjadi pada Senin 24 April 2023 siang itu.

“Sesuai instruksi pimpinan TNI AU, kejadian tersebut telah ditindaklanjuti dengan penyampaian permohonan maaf kepada korban. Anggota yang bersangkutan juga sudah diberi sanksi tegas oleh atasan,” ujar Kadispenau. 

Praka ANG (kiri) menemui korban dan keluarga korban insiden salah paham. Foto: Dispen AU

Dikatakan, peristiwa itu berawal saat Praka ANG,  anggota Denhanud 471 Pasgat Praka, pulang turun jaga mengendarai motor yang melaju persis di belakang motor yang dikendarai Sri Dewi Kemuning. Ketika sampai di pertigaan jalan raya Hankam Mabes TNI, Jatiwarna, Bekasi, tiba-tiba, sepeda motor di depannya melakukan pengereman mendadak, sehingga Praka ANG tanpa sengaja menabrak motor di depannya.

Dari peristiwa tersebut, terjadi dialog antara Praka ANG dan Sri Dewi Kemuning, hingga memicu tindakan penendangan bagian samping belakang sepeda motor Sri Dewi oleh Praka ANG. Namun, sepeda motor yang dikendarai Sri Dewi tidak jatuh.

“Bagi masyarakat yang mengalami atau melihat tindakan pelanggaran oleh anggota TNI AU, silahkan dapat melaporkan ke satuan TNI AU terdekat,” tulis Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *