Laboratorium Terpadu UII Dapat Sertifikat Akreditasi Laboratorium Kalibrasi dari KAN

beritabernas.com – Laboratorium Terpadu UII mendapat Sertifikat Akreditasi Laboratorium Kalibrasi (LK-376-IDN dari Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Penyerahan sertifikat akreditasi itu dilakukan langsung oleh Kepala BSN Drs Kukuh Syaefudin Achmad MSc kepada UII dan diterima oleh Prof Dr Jaka Nugraha S.Si MSi, Wakil Rektor Bidang Pengembangan Akademik & Riset UII di Auditorium Abdul Kahar Mudzakkir UII, Rabu 29 Juni 2022.

Menurut Prof Jaka Nugraha, dengan mendapat Sertifikat Akreditasi dari KAN maka Laboratorium Kalibrasi UII diharapkan dapat memfasilitasi kegiatan seluruh peralatan yang dimiliki oleh laboratorium di lingkungan UII, khususnya saat ini untuk ruang lingkup massa (neraca elektronik) dan instrumen analitik (spektrofotometer UV-Vis).

Dikatakan, standarisasi mutu baik input maupun output merupakn salah satu kunci untuk memenangkan persaingan global. UII, menurut Prof Jaka Nugraha, memiliki budaya mutu baik proses maupun pengelolaan.

Hal ini membuahkan hasil, antara lain sebanyak 70 persen lebih program studi di UII sudah terakreditasi A dan akreditasi unggul.

Sementara Laboratorium Terpadu UII Rudy Syah Putra PhD mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk melaksanakan manajemen mutu dan teknis pelaksanaan ruang lingkup kalibrasi sesuai dengan ISO/IEC 1705:2017.

Hal ini tentu dengan tetap mengedepankan pelayanan prima Laboratorium Terpadu UII yaitu akurasi pengukuran, ketepatan waktu dan integritas pelayanan. Selain itu, secara rutin melalui Badan Penjaminan Mutu (BPM) UII telah melakukan audit mutu internal (AMI) tiap tahun untuk membantu komitmen kualitas pelayanan Laboratorium Kalibrasi yang sesuai dengan ISO/IEC 17025:2017

“Tujuan kalibrasi peralatan ukur adalah menjamin ketertelusuran pengukuran sehingga hasil pengukuran (dapat dipercaya,” kata Rudy Syah Putra. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *