Paus Fransiskus akan Menghadiri Pertemuan Antar Agama di Masjid Istiqlal Jakarta

beritabernas.com – Paus Fransiskus dijadwalkan akan menghadiri pertemuan antar-agama (interreligious meeting) di Masjid Istiglal Jakarta pada 5 September 2024 pukul 09.00 WIB.

Pertemuan di Masjid Istiqlal Jakarta itu merupakan salah satu agenda kunjungan Paus Fransiskus di Indonesia pada 3-6 September 2024. Dalam pertemuan itu, pemimpin Gereja Katolik se-Dunia itu akan menyampaikan pidato.

Menurut pernyataan dari perss office Takhta Suci, Jumat 5 Juli 2024 siang, juga dijelaskan tentang agenda Paus Fransiskus yang akan mengawali kunjungan ke Indonesia pada 3 September 2024. 

Dalam keterangan pers itu disebutkan bahwa Paus Fransiskus yang merupakan paus ketiga yang mengunjungi Indonesia- yang pertama Paus Santo Paulus VI pada 3 Desember 1970 dan kedua Paus Santo Yohanes Paulus II, pada 8-12 Oktober 1989-akan meninggalkan Roma, Italia pada hari Senin 1 September 2024 pukul 17.15 waktu Roma. Paus Fransiskus akan tiba di Bandara Soekarno Hatta, pada hari Selasa 3 September pukul 11.30 WIB.

Kunjungan resmi sebagai pemimpin tertinggi Katolik Roma dan Kepala Negara Takhta Suci ini akan dimulai hari Rabu 4 September 2024. Hari itu, pukul 09.30, paus asal Argentina ini akan tiba di Istana Merdeka, Jakarta dan bertemu Presiden RI Joko Widado pada pukul 10.00.

Setelah bertemu presiden, paus dijadwalkan akan bertemu dengan Korps Diplomatik, masyarakat sipil, tokoh masyarakat dan para pejabat pada pukul 10.35. Pertemuan akan dilangsungkan di Istana Negara. Pada kesempatan ini, paus akan berpidado.

Paus Fransiskus dalam pertemuan dengan para diplomat. Foto: Istimewa

Dari Istana Negara, paus pertama dari Ordo Serikat Yesus ini akan bertemu dengan para anggota Serikat Yesus di Indonesia. Pertemuan pada pukul 11.30 ini akan dilakukan di Apostolic Nunciatura, Kedutaan Besar Vatikan. 

Pada sore hari, sebagai pemimpin tertinggi agama Katolik, pukul 16 30, paus dijadwalkan akan bertemu dengan para uskup, imam, diakon, biarawan-biarawati, seminaris dan katekis. Pertemuan khusus ini akan diselenggarakan di Gereja Maria Diangkat ke Surga, Gereja Katedral Jakarta pukul 16.30.

Setelah pertemuan di Katedral, pada pukul 17.35, paus yang memberikan perhatian besar kepada kaum muda ini, akan bertemu dengan kaum muda dari “Scholas Occurantes” di Youth Center Grha Pemuda, kompleks Katedral. 

Scholas Occurantes adalah organisasi internasional yang bergerak di lima benua melalui jaringan pendidikan ekstensif. Misinya adalah menciptakan “Culture of Encounter”; dengan menyatukan generasi muda dari berbagai latar belakang dalam pengalaman pendidikan yang menghasilkan pemahaman di seluruh dunia. Intinya, membangun persaudaraan.

Di Istoqlal

Pada hari ketiga di Indonesia, Kamis 5 September paus yang berusia 87 tahun ini, akan menghadiri interreligious meeting, pertemuan antara para tokoh agama di Masjid Istiqlal. Bagi paus yang pada 4 Februari 2019, bersama Imam Agung Masjid Al-Azhar Mesir Sheik Ahmed el-Tayeb menandatangani Dokumen Abu Dhabi  (Document of Human Fraternity) ini, pertemuan di Masjid Istqlal tersebut sangat penting.

Dalam dokumen itu (Human Fraternity for World Peace and Living Together) kedua pemimpin agama itu menegaskan bahwa “kita semua bersaudara.” Dokumen ini memiliki tujuan untuk membangun perdamaian di tengah maraknya intoleransi agama.

Paus mengatakan bahwa “Iman kepada Allah mempersatukan dan tidak memecah belah. Iman itu mendekatkan kita, kendatipun ada berbagai macam perbedaan, dan menjauhkan kita dari permusuhan serta kebencian.”

BACA JUGA:

Dokumen Abu Dhabi menjadi peta jalan yang sangat berharga untuk membangun perdamaian dan menciptakan hidup harmonis, rukun, di antara umat beragama. Maka itu, dokumen tersebut penting untuk disebar-luaskan. Dan, pertemuan di Masjid Istqlal nanti kiranya juga dalam semangat Dokumen Abu Dhabi.

Setelah menghadiri acara di Masjid Istiqlal, paus akan ke kantor KWI untuk bertemu dengan para penerima manfaat dari organisasi-organisasi amal di Indonesia.

Misa di GBK

Puncak dari kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia adalah perayaan Misa Suci di Gelora Bung Karno. Misa Agung yang akan dipimpin paus ini akan diikuti  ribuan umat Katolik dari berbagai wilayah Indonesia ini akan dimulai pada pukul 17.00 WIB. 

Tidak seperti Paus Santo Yohanes Paulus II yang mengunjungi Jakarta, Yogyakarta, Maumere, Medan, dan Dilli (Timor Timur), Paus Fransiskus hanya akan mengunjungi Jakar

Pada Jumat 6 September pukul 09.45 Paus Fransiskus mengakhiri kunjungan apostolik dan kenegaraan ini serta terbang ke Port Moresby, PNG. (KBRI Takhta Suci)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *