Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Bidang Pendidikan

Oleh : Desi Wulandari

beritabernas.com – Pada saat ini perkembangan pengetahuan, khususnya teknologi informasi, sangat pesat. Informasi dapat tersebar dengan mudah dan akses ke seluruh dunia dapat dijelajah menembus batas, jarak, tempat, ruang serta waktu.

Dengan perkembangan teknologi informasi yang sedemikian cepat saat ini, berpengaruh pada semua tatanan kehidupan termasuk di dalamnya bidang pendidikan.

Dalam bidang pendidikan, pembelajaran yang baik seyogyanya berorientasi kepada individu yang terus berproses belajar, mengembangkan potensi dan kemampuan diri serta meningkatkan minat dan motivasi belajar untuk terus di ali dan dikembangkan.

Pemanfaatan sumber belajar dalam bidang pendidikan sebaiknya tidak hanya berpusat kepada pengajar tapi dapat juga memanfaatkan dan menggunakan sumber belajar yang lebih luas (broad based learning) salah satunya adalah menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.

Dengan  memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran maka perencanaan, pelaksanaan evaluasi dan pengembangan pembelajaran dapat dengan mudah diintegrasikan. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi juga mengubah sistem pembelajaran konvensional ke arah inkonvensional, dimana  pemanfaatan media, internet dan e-learning mulai diimplementasikan sehingga kegiatan belajar akan jauh menjadi menyenangkan, menarik, kreatif serta tidak membosankan sehingga akan meningkatkan keberhasilan belajar serta pemerataan kesempatan untuk mendapatkan pendidikan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Selain itu penggunaan teknologi informasi dan komunikasi juga akan memberikan banyak manfaat yaitu adanya otomatisasi tugas/ pekerjaan yang mulai tergantikan oleh komputer sehingga peran manusia juga berkurang dan peran manusia dalam bidang penyajian informasi semakin kuat karena telah didukung oleh teknologi.

Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya internet, juga memberikan banyak kemudahan dalam menunjang percepatan informasi, dimana dengan internet dapat dengan mudah mengakses sumber-sumber belajar yang berasal dari seluruh belahan dunia serta menyediakan banyak materi pembelajaran.

Dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan juga dapat mengatasi ketertinggalan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari dunia maju (digital divide).

Penyebarluasaan teknologi informasi dan komunikasi juga perlu di tingkatkan, karena dengan adanya penyebarluasan penggunaan teknologi maka kesempatan belajar dan peningkatan mutu pendidikan  akan lebih cepat di rasakan oleh seluruh rakyat Indonesia .

Selain itu yang tak kalah penting adalah bagaimana kita menggunakan serta memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dengan cara yang baik, aman serta memberikan nilai positif untuk pendidikan dimana sebuah teknologi informasi dan komunikasi juga harus mampu mewujudkan sistem pendidikan yang tidak hanya terpadu tapi juga harus dapat membangun bangsa yang mandiri maju dan dinamis menuju Indonesia emas 2045. (Penulis adalah Guru Informatika di SMK Negeri 5 Yogyakarta)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *