Pemenang Call for Paper JEF 2024 Diumumkan

beritabernas.com – Para pemenang Call for Paper Jogja Economic Forum 2024 (CFP  JEF 2024) kategori umum dan mahasiswa diumumkan pada Kamis 7 Agustus 2024 di Hotel Tentrem Yogyakarta, setelah babak final digelar Rabu 6 Agustus 2024.

Call for Paper Jogja Economic Forum 2024 (CFP  JEF 2024) diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) DIY bekerjasama dengan Pemerintah Daerah DIY dan ISEI Cabang Yogyakarta.

Menurut Y Sri Susilo, Sekretaris ISEI Cabang Yogyakarta, dalam rilis yang dikirim kepada media, termasuk beritabernas.com, Kamis 7 Agustus 2024 malam, pemenang kategori umum/mahasiswa Program Doktor adalah Juara 1 Salwa R Putri dan M Yasqi Imanda (Politeknik STIS dan Kementerian Keuangan. Mereka mendapat hadiah Rp 20 juta. Kemudian, juara 2 Muh N Fajri dan  Bachtiar Putra Pratama (UNDIP dan UNAIR) dengan hadiah Rp 18 juta dan juara 3 Rodhiah Umaroh (UPNVY dengan hadiah Rp 16 juta.

Pemenang CFP  JEF 2024 kategori mahasiswa program sarjana foto bersama Sekda DIY dan Kepala KPwBI DIY. Foto: Y Susilo

Paper terpilih 1 Pratiwi Dwi Suhartanti (STIE Indonesia) dengan mendapat hadiah Rp 5 juta dan paper terpilih 2 Qisha Quarina, Flora Aninditia dan Israul Hasanah (UGM dan UI) dengan mendapat hadiah Rp 5 juta).

Sementara untuk kategori Mahasiswa Program Sarjana/Magister, Juara 1 diraih M Sihalul Mu’min, Nafis DK dan M.S Anam (UNDIP) dan berhak mendapat hadiah Rp 15 juta, juara 2 Neovan Nathanael Gunawan (UI) mendapat hadiah Rp 13 juta dan Juara 3 Doni Irawan (UAJY) dengan mendapat hadiah Rp 11 juta, juara 4 Akbar Bagus Nugroho dan Muhammad Dzaki (UGM) dengan hadiah Rp 3 juta dan Juara 5 Ida Bagus Cesario Putra (UGM) dengan hadiah Rp 3 juta.

BACA JUGA:

Hadiah untuk seluruh pemenang diserahkan oleh Beny Suharsono, Sekda DIY, mewakili Gubernusr DIY. “Kami berharap kegiatan CFP JEF 2024 dievalusi oleh panitia pelaksana baik dari KPwBI, Pemda DIY dan KPwBI DIY agar pelaksanaan tahun mendatang lebih baik lagi secara kuantitas maupun kualitas,” harap Ibrahim selaku panitia pengarah.

Menurut Ibrahim, Kepala KPwBI DIY, CFP JEF 2024 diharapkan mendapat rekomendasi kebijakan dari hasil riset yang disampaikan kepada Pemda DIY. Sebab, topik dari paper harus terkait dengan akvitas ekonomi DIY baik dari aspek makro dan mikro.Tema besa CFP JEF 2024 adalah Mendorong Perekonomian DIY Untuk Turut berkontribusi dalam Ketahanan dan kebangkitan Ekonomi Nasional.

Ibrahim mengatakan, sub-topik dari CFP JEF 2024 adalah: (1) Optimalisasi Potensi Utama DIY dalam Mendorong Perekonomian dan Pengendalian Inflasi DIY; (2) Pemanfaatan SDM DIY sebagai Kota Pendidikan dalam Mengoptimalkan Potensi Ekonomi dan Mendorong Penciptaan Sumber Ekonomi baru DIY dan (3) Investasi Berkualitas sebagai Pemicu Pertumbuhan Ekonomi DIY.

Presentasi materi kategori mahasiswa Program Sarjana/Magister CFP JEF 2024. Foto: Y Susilo

Proses CFP JEF 2024 dimulai sejak bulan Februari 2024 dengan pengumuman untuk pengumpulan proposal singkat bagi peserta. “Tahapan seleksi pra proposal dilakukan oleh tim reviewer dari KPwBI DIY, Pemda DIY dan ISEI Cabang Yogyakarta,” jelas Arya Jodilistyo selaku koordinator panitia.

Menurut Jodi, jumlah pra proposal yang masuk sebanyak 220 peserta yang terdiri 120 kategori umum/mahasiswa Program Doktor dan 100 kategori mahasiswa Program Sarjana/Magister.

Dari 220 peserta, seleksi pertama dipilih 60 pra proposal yang dapat melanjutkan untuk menulis paper lengkap (full paper). Selanjutnya dari 60 paper yang masuk diseleksi lagi menjadi 5 finalis untuk kategori umum/mahasiswa Program Doktor dan 5 finalis kategori mahasiswa Program Sarjana/Magister.

Panitia telah menetapkan tim juri kategori umum/mahasiswa yaitu Prof Agus Widarjono PhD (FBE UII), Prof A Gunadi Brata PhD (FBE UAJY) dan Dr Suryanto (FEB UNS). Sedangkan untuk juri kategori Mahasiswa/Magister adalah Dr Joko Susanto (FEB UNVY), Dr Sunaryati (FEBI UIN Suka) dan Dimas Bagus PhD (FEB UMY). (*/lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *