Pengajian di SD Bonggalan, Sutanto Tekankan Pentingnya Basmalah

beritabernas.com – Basmalah adalah bacaan yang sangat mulia dan banyak rahasia yang terkandung di dalamnya. Semua kitab dimulai dengan Basmalah, sebagaimana Sabda Nabi Muhammad SAW bahwa sesungguhnya Basmalah merupakan pembukaan dari semua kitab.

Tatkala Allah SWT menurunkan wahyu Basmalah kepada Nabi Adam AS, Ia bertanya kepada Malaikat Jibril tentang apa yang dipakai untuk pembuka wahyu. Dan Jibril menjawab, ”Wahai Adam, inilah nama yang denganyalah berdiri langit dan bumi, air mengalir, gunung tegak berdiri dan hati manusia bisa menjadi kuat.”

Peserta pengajian di SD Bonggalan Srigading, Sanden, Bantul, Minggu 29 Oktober 2023. Foto: Istimewa

Hal itu disampaikan Guru MTsN 3 Bantul Drs Sutanto saat memberi tausiah di hadapan keluarga besar SD Bonggalan Srigading, Sanden, Bantul, Minggu 29 Oktober 2023 di halaman sekolah setempat, dihadiri Kepala Sekolah Subinah MPd beserta guru, Ketua Dewan Sekolah Karnomo dan jajarannya serta orangtua/ wali murid.

Menurut Sutanto, dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Abu Daud dan Ibnu Majah yang bersumber dari Abu Huraihah r.a bahwa Rasulullah bersabda, ”Tiap amal perbuatan yang dianggap baik tetapi tidak dibacakan Basmalah ketika akan memulainya, maka perbuatan itu menjadi terputus dari rahmat Allah.”

BACA JUGA:

“Maka semua yang kita lakukan, baik itu mau makan, mau tidur, mau bepergian, mau bekerja dan semua aktivitas yang baik harus kita dahului dengan Basmalah agar senantiasa mendapat rahmat Allah,” imbuh Sutanto.

Kepala SD Bonggalan mengatakan, berbagai kegiatan sekolah, seperti Assesment Nasional Berbasis Komputer (ANBK), Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Seksual pada Anak bekerjasama dengan Puskesmas Sanden sebagai upaya memberikan pendidikan sejak dini dan menjaga kesehatan siswa. Sebagai tindak lanjutnya adalah pembentukan Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (TPPK) dengan koordinator Erman Sulisyatna.

Kepala Sekolah Subinah MPd. Foto: Istimewa

“Atas nama sekolah, kami menyampaikan terimakasih kepada Pak Tanto selaku Dewan Sekolah yang telah memberi kesempatan kepada SD Bonggalan mengikuti even menulis puisi bertema persahabatan/ pendidikan. Semoga sekolah kami bisa lolos,” harap Subinah.

Di akhir acara Sutanto memberi kenangan kepada SD Bonggalan berupa buku Cergam Satria Sungai Oya  dan antologi puisi Langkah Kaki. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *