Pengembangan SDM Berkualitas untuk Meningkatkan Kemampuan Intelektual

beritabernas.com – Ketua Program Studi (Prodi) Teknik Industri, Program Magister FTI UII Ir Winda Nur Cahyo ST MT PhD IPM mengatakan, peran sumber daya manusia (SDM) dalam strategi inovasi teknologi sangat penting.

Menurut Winda Nur Cahyo, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas pada hakikatnya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan intelektual, sehingga dapat dicapai produktivitas yang lebih tinggi. SDM dan inovasi harus dipandang sebagai konsep yang terkait erat, yang bersama-sama menciptakan memperkuat lingkaran penciptaan nilai.

“SDM adalah salah satu sumber utama inovasi, strategi inovasi perlu mencakup berbagai inisiatif yang relevan untuk memotivasi SDM itu sendiri. Hal ini menjadi kunci penting sebagai kekuatan baru dalam mencapai kesejahteraan ekonomi di era persaingan ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata Winda Nur Cahyo dalam rilis yang diterima beritabernas.com, Sabtu 11 Maret 2023.

Dikatakan, perencanaan strategis diperlukan dalam rangka menyesuaikan kekuatan internal agar selalu siap menangkap peluang dan mengatasi ancaman dari luar jika ingin mempertahankan keunggulan bersaing.

Sedangkan strategi inovasi, menurut Winda Nur, merupakan konsep manajemen, terdiri dari banyak kegiatan internal dan eksternal yang meningkatkan potensi inovasi bisnis. Hal ini diperlukan untuk menekankan pentingnya dan peranan yang mempengaruhi pembentukan strategi inovasi.

Dr Zaroni CISCP, CFMP, CMILT, Financial & HR Director PT Maruco Indonesia/ Head of Consulting Supply Chain Indonesia. Foto: Jeri Irgo

Merujuk berbagai referensi, inovasi strategis adalah ciptaan dari strategi pertumbuhan, teknologi baru, pelayanan baru, cara baru dalam melakukan sesuatu atau suatu bisnis model yang merubah permainan dan menghasilkan nilai baru yang signifikan untuk konsumen, dan pelanggan.

Bagaimana peran perguruan tinggi terkait dengan penyiapan SDM yang mampu menerapkan strategi inovasi teknologi dalam menciptakan, mengembangkan dan mempublikasikan secara keilmuan maupun praktis?

Menurut Winda Nur, Program Studi Teknik Industri, Program Magister, FTI UII merasa perlu mengadakan pengayaan keilmuan dalam perspektif praktis melalui proses pemberian informasi edukatif dari seorang ahli kepada mahasiswa yang diharapkan akan membentuk fondasi akademik bagi mahasiswa.

Salah satu ikhtiar untuk mencapai salah satu misi tersebut, mengadakan kuliah umum, dengan tema Peran SDM dalam Strategi Inovasi Teknologi. Dengan demikian, mahasiswa baru saat ini kelak dihrapkan mampu sebagai lulusan Program Studi Teknik Industri, Program Magister FTI UII yang memiliki kapasitas intelektual dan profesional di bidang Teknik Industri, Manajemen Industri atau Ergonomi dan Keselamatan Kerja serta Logistik dan SCM yang sesuai dengan kebutuhan zaman serta mampu menghadapi tantangan masa depan.

BACA JUGA: Gelar Temu Orangtua/Wali, FTI UII Apresiasi Mahasiswa Berprestasi

Sementara Dr Zaroni CISCP, CFMP, CMILT, Financial & HR Director PT Maruco Indonesia/ Head of Consulting Supply Chain Indonesia, mengatakan, tantangan penyiapan SDM di era digital dan AI (artificial intelligence) adalah mahasiswa perlu menyiapkan diri dengan menambah keterampilan baru, wawasan, keahlian dan selalu berpikir kritis, analisis, problem solving, self management dan menjadi pembelajar aktif, agar selalu relevan dan memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat dan bangsa. 

Sedangkan Adityanto Prayogo, AVP Human Capital Management System PT Bio Farma (Persero), mengatakan, sebagai mahasiswa sangat diperlukan kemampuan untuk adaptasi pada berbagai perubahan.

Kemampuan adaptasi ini akan juga mendorong inovasi yang sangat menunjang pada sustainability dan pengembangan kompetensi (skill, knowledge dan leadership) mahasiswa yang bersangkutan. Namun demikian tetap diperlukan karakter yang mendukung adaptasi dan inovasi dari pribadi mahasiswa yaitu untuk tetap rendah hati (humble), tetap memegang teguh kejujuran dan komitmen (integritas) serta cara berpikir dan bersikap untuk berubah (transforming). (lip)

Narasumber

1.     Ir. Winda Nur Cahyo., S.T., M.T., Ph.D., IPM, – Ketua program Studi Teknik Industri, Program Magister FTI UII Yogyakarta.

2.     Dr. Zaroni, CISCP, CFMP, CMILT.– Financial & HR Director, PT Maruco Indonesia / Head of Consulting Supply Chain Indonesia

3.     Adityanto Prayogo, – AVP Human Capital Management System PT Bio Farma (Persero)

4.     Atyanti Dyah Prabaswari, S.T., M.Sc. – Manajer Akademik Keilmuan Program Magister, Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

Press Conference

Program Studi Teknik Industri, Program Magister

Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia

Sabtu,11 Maret 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *