Penyuluh Katolik Memfasilitasi Pelatihan Penulisan Feature untuk Mahasiswa USD Flobamora

beritabernas.com – Penyuluh Agama Katolik Kankemenag Kota Yogyakarta Edelbertus Jara S.Fil memfasilitasi pelatihan penulisan feature di Pusat Pastoral Mahasiswa (PPM) Katolik Yogyakarta Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo No 54, Klitren, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Sabtu 7 September 2024 pukul 08:00-11:40 WIB.

Sebanyak 21 mahasiswa USD asal Flobamora (Flores, Sumba, Timor, Adonara/Alor) NTT dengan serius mengikuti pelatihan tersebut. Edelbertus dalam pengantar awal menjelaskan latar belakang dan tujuan kegiatan ini.

Menurut Edelbertus, kegiatan ini dimaksudkan agar para mahasiswa/ mahasiswi NTT yang terlanjur distigmatisasi negatif dapat bangkit melalui tulisan-tulisan yang mengeksplorasi gagasan positif atau kegiatan kemahasiswan yang bersifat membangun. Mereka bisa menuang gagasan positif dalam bentuk tulisan dan dimuat di media sosial, media cetak atau blog pribadi.

Suasana pelatihan penulisan feature di Pusat Pastoral Mahasiswa (PPM) Katolik Yogyakarta Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo No 54, Klitren, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Sabtu 7 September 2024. Foto: Edelbertus

Hal ini penting agar masyarakat luas dapat mengetahui bahwa mahasiswa NTT memiliki sesuatu yang positif. Mereka diberi motivasi untuk bangkit dan terlibat aktif dalam kegiatan kemasyarakatan (srawung), ambil bagian dalam tugas di gereja di mana mereka tinggal dan meningkatkan kualitas diri untuk meraih prestasi akademik yang memuaskan.

“Hal-hal baik tersebut perlu ditulis dan diviralkan. Untuk bisa memviralkan hal baik maka perlu keterampilan menulis,” kata Edelbertus.

Untuk maksud tersebut, Edelbertus mendatangkan narasumber yaitu Alfred B Jogo Ena SS. Alfred-nama panggilan Alfred B Jogo Ena-adalah seorang aktifis dan praktisi penulisan yang juga pemilik Bajawapress Yogyakarta untuk membagi pengalaman sekaligus memberi pelatihan.

BACA JUGA:

Ia akan terus membimbing peserta sampai bisa menuangkan ide dan gagasan mereka dalam bentuk tulisan yang dimuat dalam media elektronik maupun media cetak.

Hadir dalam acara tersebut dan turut memberi motivasi kepada mahasiswa NTT Yogyakarta yaitu salah satu tokoh NTT sekaligus Ketua Paguyuban Flobamora (Pamor) Yogyakarta Hilarius Ngaji Mero SH.  Pastor Pendamping Mahasiswa Katolik DIY Rm Agustinus Dariyanto SJ, Tim Dokumentasi Kemenag Kota Yogyakarta Anisa Kurnia Sari, Penyelenggara Katolik Kankemenag Kota Yogyakarta Veronika Tatik Trijati Ningsih, S.IP. MSc, EEri Suprobo SS M Pd, Santo Rohani SE, Florentina Suyatmi SPd, Roland Modestus Jemuru SS dan FM Padhari Djati Martiwi SH.

Setelah pelatihan peserta diajak foto bersama, makan siang lalu kembali ke tempat masing-masing. (Edelbertus Jara S.Fil, Penyuluh Agama Katolik Kankemenag Kota Yogyakarta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *