Peringati Hari Lahir Pancasila, Fokki Kutip Pesan Bung Karno

beritabernas.com – Pada Sabtu 1 Juni 2024, bangsa Indonesia memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 dasar negara Indonesia yang dicetuskan Presiden pertama RI, Ir Soekarno, yang akraba disapa Bung Karno yakni Pancasila.

Terkait peringatan HUT ke-79 Pancasila tersebut, Anggota DPRD Kota Yogyakarta dari Fraksi PDI Perjuangan Antonius Fokky Ardiyanto S.IP yang akrab disapa Fokki mengucapkan selamat Hari Lahir Pancasila, 1 Juni.

“Saudara/i sebangsa dan setanah air, 79 tahun yang lalu, tepat pada saat ini adalah sebuah momen yang sangat penting dan bersejarah bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Janganlah kita melupakan esensi semangat perjuangan yang telah ada di dalam bumi pertiwi ini. Selamat Memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024, Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Raya,” tulis Fokki dikutip beritabernas.com di akun instagramnya.

Niniek Henny. Foto: tangkapan layar video

Fokki pun mengutip pesan-pesan Bung Karno. “Jikalau bangsa Indonesia ini ingin supaya Pancasila yang saya usulkan itu, menjadi satu Realiteit, yakni jikalau kita ingin hidup menjadi satu bangsa, satu Nationaliteit yang merdeka, ingin hidup sebagai anggota dunia yang merdeka, yang penuh dengan peri kemanusiaan, ingin hidup di atas dasar permusyawaratan, ingin hidup sempurna sociale rechtvaardigheid, ingin hidup dengan sejahtera dan aman, janganlah lupa akan syarat menyelenggarakannya, ialah Perjuangan, Perjuangan dan sekali lagi Perjuangan,” tulis Fokki mengutip pidato Bung Karno.

Sementara Niniek Henny, mantan Ketua ARSSLI (Asosiasi Radio Siaran Swasta Lokal Indonesia) Jawa Timur, mengajak bangsa Indonesia agar menjaga Pancasila selamanya menjasi ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia dan juga sebagai pemersatu bangsa.

BACA JUGA:

“Selamat Hari Lahir Pancasila. Bhineka Tunggal Ika! Bersatu dalam perbedaan, bersama-sama menjaga demokrasi dan reformasi  Indonesia yang lebih baik. Mari kita kenang Bung Karno sebagai Penggali Pancasila. Bapak Proklamator Indonesia, Bung Karno, berpesan bahwa sebagai bangsa yang besar, kita tidak akan meninggalkan sejarah yang disebut dengan “JAS MERAH”. Selamat Hari Lahir Pancasila 2024.
Merdeka  Merdeka Merdeka! Salam Pancasila,” tulis Niniek Henny yang juga kader PDI Perjuangan. (*/lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *