Pesparani Kabupaten Sleman Sukses, PS Paroki Santo Petrus dan Paulus Babadan Juara

beritabernas.com – Pelaksanaan Pesparani (Pesta Paduan Suara Gerejani) Katolik I tahun 2023 Kabupaten Sleman di Seminari Santo Paulus Kentungan, Sabtu 24 Juni 2023, berlangsung sukses. Tim Paduan Suara Paroki St Petrus dan Paulus Babadan berhasil meraih Juara I untuk kategori Paduan Suara (PS) Dewasa Campuran.

Sementara Juara II dan Juara III untuk kategori yang sama masing-masing diraih Tim PS Paroki St Maria Marganingsih Kalasan dan Juara III Tim PS Paroki St Maria Assumpta Babarsari. Selain mendapat piala dan piagam penghargaan, mereka juga mendapat uang pembinaan.

BACA JUGA:

Pesparani yang baru pertama kali diadakan di Kabupaten Sleman ini diikuti sekitar 1.400 peserta dengan beberapa jenis lomba dan kategori mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Dalam Pesparani yang diadakan oleh Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Daerah (LP3KD) Kabupaten Sleman ini, ada 4 jenis lomba yakni lomba Tutur Kitab Suci, Paduan Suara, Menyanyikan Mazmur dan Cerdas Cermat Rohani.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman Aji Wulantara mewakili Bupati Sleman Dra Hj Kustini Sri Purnomo membuka Pesparani di Aula Seminari Tiggi Kentungan, Sabtu 24 Juni 2023. Foto: Dok Panitia

Meski baru pertama kali digelar, Pesparani Katolik antar Paroki se-Kabupaten Lomba ini dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman Aji Wulantara mewakili Bupati Sleman Dra Hj Kustini Sri Purnomo.

Saat membuka Pesparani, Aji mengatakan menyatakan bahwa kehidupan beragama di Kabupaten Sleman melalui kebijakan Bupati maupun Wakil Bupati Sleman selalu mengupayakan komitmen menjaga Sleman sebagai rumah bersama.

Hal ini tercermin dari visi Kabupaten Sleman, yakni Terwujudnya Sleman sebagai rumah bersama yang cerdas, sejahtera, berdaya saing, menghargai perbedaan, dan memiliki jiwa gotong royong. Sehingga bila di kalangan umat Islam ada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dan Kristen Protestan ada Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi), maka untuk Katolik ada Pesparani.

Sekda Sleman Harda Kiswaya (kedua dari kanan) berbincang dengan panitia Pesparani. Foto: Dok Panitia

Ketua Bidang I LP3K Kabupaten Sleman Thomas mengatakan, Pesparani Kabupaten Sleman seharusnya digelar pada November 2022, namun karena kondisi kurang memungkinkan dan sebulan sebelumnya bersamaan dengan persiapan kontingen DIY untuk Pesparani Nasional, maka diputuskan dilaksanakan pada Juni 2023. Sementara LP3K Kabupaten Sleman selaku penyelenggara Pesparani baru terbentuk tahun 2022 dengan SK Bupati pada Februari 2022.

Pada penyelenggaraan Pesparani yang pertama ini mengangkat tema Bersama Membangun Persaudaraan Wujudkan Iman Sejati dengan harapan kegiatan ini membuat iman makin bertumbuh dan buah iman itu adalah persaudaraan yang semakin menguat.

Menurut Thomas, dari 17 paroki di Kabupaten Sleman yang diundang, kali ada 16 paroki dengan 1.400 peserta yang berpartisipasi. Panitia berharap pegiat musik gereja dan pendampingan iman berjenjang agar kegiatan ini menjadi bagian untuk mengembangkan iman. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *