Politisi Muda PSI DIY Dr Raden Stevanus Dukung Ekosistem Kostum di DIY

beritabernas.com – Politisi muda Partai Solidaritasi Indonesia (PSI) DIY Dr Raden Stevanus C Handoko S.Kom MM mendukung penuh gelaran event bergengsi Kustomfest 2023. Event yang digelar di Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta pada 7-8 Oktober 2023 itu ditutup ada Sabtu 8 Oktober 2023.

Event Kustomfest 2023 yang dihadiri lebih dari 25 ribu pengunjung itu mencatatkan sejumlah hasil positif, antara lain jumlah pengunjung yang luar biasa banyak.

“Saya mengapresiasi yang cukup tinggi terhadap panitia dan semua pihak yang terlibat. Acara kustomfest 2023 berhasil menyedot puluhan ribu orang dalam 2 hari. Ini kebangkitan industri kreatif setelah Covid-19,” kata Dr Raden Stevanus Christian Handoko S.Kom MM, anggota DPRD DIY dari Partai Solidaritas Indonesia yang juga pencinta modifikasi motor.

“Untuk kesekian kali, saya hadir di acara Kustomfest. Hari ini nampak kebangkitan industri kreatif di sektor otomotif,” kata Dr Raden Stevanus.

Dr Raden Stevanus Christian Handoko S.Kom.,MM anggota DPRD DIY dari Partai Solidaritas Indonesia. Foto: Dok pribadi

Menurut Dr Raden Stevanus, saat ini Jogja sebagai pusat industri kreatif, pusatnya Event kustom yang tidak hanya dikenal di Indonesia tapi sudah dikenal di dunia internasional. Indonesia, dalam hal ini Jogja, telah menjadi rumah bagi industri kustom yang berkembang pesat.

Industri ini mencakup modifikasi kendaraan, pembuatan motor dan mobil kustom serta berbagai produk aksesoris otomotif yang unik. Pelaku usaha kecil dan menengah di sektor ini telah mengubah banyak kendaraan menjadi karya seni bergerak yang unik. Mereka menciptakan kendaraan yang memadukan inovasi teknis dengan estetika yang menarik. 

“Salah satu peristiwa yang mewakili pertumbuhan industri kustom di Indonesia adalah Kustomfest di Yogyakarta. Kustomfest adalah salah satu acara terbesar di Asia Tenggara yang menampilkan berbagai karya kustom, termasuk motor, mobil, dan aksesori otomotif,” kata Dr Raden Stevanus.

Ia menilai acara ini menarik ribuan penggemar otomotif dan wisatawan dari dalam dan luar negeri. Kustomfest telah menjadi magnet wisata yang mendukung pertumbuhan pariwisata di Yogyakarta dan sekitarnya.

BACA JUGA:

Karena itu, Dr Raden Stevanus mendukung penuh dan berharap pemerintah pusat membantu memberikan perlindungan yang jelas melalui regulasi yang tepat bagi penggiat otomotif lokal.

Ia pun berharap dalam event-event selanjutnya, pemerintah daerah bisa memaksimalkan kerjasama agar potensi yang muncul dalam kegiatan ini bisa dapat dirasakan berbagai pihak. Dukungan terhadap komunitas kustom lokal perlu dipikirkan secara lebih seksama. Ekosistem Industri kreatif seperti ini perlu dukungan serius.

“Pemerintah juga memiliki peran yang penting dalam mengatur industri kustom dan modifikasi kendaraan untuk menjaga keamanan dan ketertiban lalu lintas, sambil mendukung pertumbuhan industri kreatif yang berkembang pesat ini. Dengan dukungan yang tepat, industri kreatif di Indonesia akan terus tumbuh dan berkontribusi pada perkembangan ekonomi negara ini,” kata Dr Raden Stevanus.

Suasana event Kustomfest 2023 di JEC. Foto: Istimewa

Event tahunan yang menyedot puluhan ribuan pencinta dunia kustom ini tidak hanya dari Indonesia tapi juga internasional. Ajang Kustomfest bukan hanya menjadi barometer kustom di Tanah Air, namun pameran tersebut juga menarik minat penggila dunia modifikasi dari luar negeri. 

Pada penyelenggaraan tahun ini, kontes motor kustom diikuti 140 peserta, sementara mobil kustom terdapat 30 partisipan.

Kustomfest dibuka secara meriah dan dihadiri oleh secara langsung oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X. Dalam kesempatan pembukaan Kustomfest Sri Sultan Hamengku Buwono X membubuhkan tanda tangan di atas kap “Gagak Rimang”. 

Gelaran Indonesia Kustom Kulture Festival itu menghadirkan sederet rangkaian program di antaranya Kustom Bike Show, Hot Rod & Kustom Car Show, Kustom Journey, dan Kustom Paint Exhibition. (lip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *