Presiden Jokowi Menerima Paus Fransiskus di Istana Negara Jakarta

beritabernas.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Paus Fransiskus di Istana Merdeka Jakarta, Rabu 4 September 2024. Pemimpin tertinggi Gereja Katolik se-Dunia yang juga Kepala Negara Vatikan yang menumpang mobil medium MPV berpelat SCV 1 ni tiba di Istana Negara Jakarta Pusat sekitar pukul 09.35 WIB.  

Dengan dikawal Paspamres dan tim Pengamanan Vatikan, Paus Fransiskus terlihat duduk di depan sebelah sopir dan melambaikan tangan dan tersenyum kepada anak-anak yang telah menunggu di area Istana Negara. 

Presiden Jokowi mengantar Paus Fransiskus usai diterima di Istana Negara Jakarta. Foto: repro metrotv

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang berada di pintu masuk Istana Merdeka langsung menyambut kedatangan Paus Fransiskus. Jokowi terlihat menyapa dan menyalami Paus sambil tersenyum. Keduanya masuk ke Istana Negara untuk memulai acara kenegaraan. 

Pada kesempatan itu, Presiden Joko Widodo mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia. 

“Tadi saya sampaikan ke Bapa Suci. Kita memiliki 714 suku bangsa atau etnis dan juga memiliki 17 ribu pulau yang kita tinggali, yang semuanya berbeda agama, budaya dan suku bangsa. Terus berusaha menjaga harmoni di tengah kebinekaan yang kita miliki. Bagi Indonesia perbedaan anugerah. Toleransi adalah pupuk bagi persatuan dan perdamaian sebagai sebuah bangsa. Indonesia sangat beruntung memiliki Pancasila,” ungkap Presiden Joko Widodo.

BACA JUGA:

Dalam acara yang juga dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Presiden terpilih Prabowo Subianto serta sejumlah Menteri itu, Paus Fransiskus didampingi astor Markus Solo Kewuta SVD, Staf Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama Tahta Suci Vatikan, Ketua KWI Mgr Antonius Bunjamin, Mgr Ignatius Kardinal Suharyo, Duta Besar Vatikan untuk RI Trias Kuncahyono. 

Dalam acara tersebut, Presiden Joko Widodo dan Paus Fransiskus melakukan penandatanganan dokumen terkait kunjungan kenegaraan Paus Fransiskus di Indonesia selama 4 hari. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *