Prodi Akuntansi UII Mengembangkan Kurikulum Baru i-Technopreneur Accountant

beritabernas.com – Prodi Akuntansi Program Sarjana Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) UII mengembangkan kurikulum baru i-technopreneur accountant dengan fokus pada keunggulan di bidang bisnis dan teknologi yang mulai diterapkan pada 2021.

Kurikulum baru ini dapat ditempuh melalui studi di Program Sarjana (S1) Akuntansi UII yang ditawarkan pada jalur kelas reguler dan International Program (IP) dimana keduanya telah mendapatkan akreditasi Unggul dari BAN-PT dan sertifikasi dari ACCA (The Association of Chartered Certified Accountants).

Menurut Dr Mahmudi SE MSi Ak, Ketua Program Studi Akuntansi Program Sarjana FBE UII, kurikulum baru dibuka untuk memutakhirkan desain pendidikan guna meningkatkan kualitas dan daya saing generasi penerus bangsa yang dilandasi nilai-nilai keislaman, kompetensi unggul di bidang akuntansi dan bisnis.

“Dengan jargon AkuntanMasaKini, prodi baru menjadi cara Prodi Akuntansi UII untuk membentuk kompetensi mahasiswa yang peka dan adaptif terhadap berbagai tantangan yang hadir seiring dengan kemajuan teknologi dan evolusi peran akuntan dalam lingkungan bisnis dan ekonomi digital. Kami yakin, mahasiswa yang memiliki kompetensi unggul sebagai akuntan masa kini akan lebih siap berkontribusi untuk kemajuan di masa depan,” kata Mahmudi kepada wartawan di Kampus FBE UII Condongcatur, Depok, Sleman, 28 Juni 2022.

(Dari kiri) Muhammad Fadhly Rizky Octavio, S.Ak., M.Ak, Maulidyati Aisyah, S.E., M.Com(Adv), Dra. Isti Rahayu, M.Si., Cert.SAP, Dr Mahmudi SE M.Si., Ak., CA., CMA dan Rifqi Muhammad, S.E., S.H., M.Sc., Ph.D., SAS., ASPM. Foto: Jerri Irgo

Juara 14th ERPSim International Competition

Sementara itu, Dra Isti Rahayu MSi Cert.SAP, Direktur ERP Competence Center Prodi Akuntansi FBE UII, mengungkapkan bahwa Tim Antares Prodi Akuntansi FBE UII berhasil meraih juara dalam kompetisi internasional ERPSim yang diselenggarakan oleh HEC Montreal ERPSim Lab, Canada.

Mereka berhasil menyingkirkan 20 tim lain yang berasal dari universitas ternama yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Menurut Isti Rahayu, prestasi ini bisa diraih berkat kerja keras mahasiswa dalam belajar dan berlatih dengan fokus dan semangat yang tinggi. “Alhamdulillah, ini menjadi bukti bahwa mahasiswa Akuntansi UII mampu membuktikan daya saingnya di level internasional dan mempertahankan tradisi sebagai juara pada kompetisi ERPSim, bahkan hampir setiap tahun sejak 2013,” kata Isti Rahayu.

Dikatakan, pembelajaran aplikasi ERP sendiri bukan hal baru bagi UII. Prodi Akuntansi UII telah merespons kebutuhan penting pembelajaran ERP dengan memasukkan mata kuliah SAP-ERP ke dalam kurikulum sejak 2006.

Dengan begitu, menurut Isti Rahayu, seluruh mahasiswa mendapatkan bekal pengetahuan dan keterampilan menggunakan aplikasi ERP yang kini sangat diperlukan oleh perusahaan modern di berbagai skala dan sektor bisnis. Hingga saat ini, Prodi Akuntansi UII tetap aktif menjadi bagian dari SAP University Alliance.
 
Tim Antares sebagai delegasi UII terdiri dari Humam Naufal Tsuraya, Javier Erlandaffa Satria Dwikamba, Bayu Aji Faundra Pratama, Saphira Pricillia Estuarine dan Dyah Ayu Puspaningrum. (lip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *