Tim Antares Prodi Akuntansi UII Juara Kompetisi Internasional

beritabernas.com – Tim Antares Prodi Akuntansi UII berhasil memenangkan kompetisi internasional ERPSim yang diselenggarakan oleh HEC Montreal ERPSim Lab, Canada. Mereka berhasil menyingkirkan 20 tim lain yang berasal dari berbagai universitas ternama yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Menurut Dra Isti Rahayu MSi Ak CA Cert.SAP, Direktur ERP Competence Center Prodi Akuntansi FBE UII, prestasi ini berhasil diraih berkat kerja keras mahasiswa anggota Tim Antares dalam belajar dan berlatih dengan fokus dan semangat yang tinggi.

“Alhamdulillah, ini menjadi bukti bahwa mahasiswa Akuntansi UII mampu membuktikan daya saingnya di level internasional dan mempertahankan tradisi sebagai juara pada kompetisi ERPSim, bahkan hampir setiap tahun sejak 2013,” kata Isti Rahayu kepada wartawan di Kampus FBE UII Condongcatur, Depok, Sleman, Selasa 28 Juni 2022.

Dra Isti Rahayu (ketiga dari kiri) danRifqi Muhammad SE SH MSc PhD SAS ASPM (paling kanan). Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Menurut Isti Rahayu, Tim Antares sebagai delegasi UII terdiri dari Humam Naufal Tsuraya, Javier Erlandaffa Satria Dwikamba, Bayu Aji Faundra Pratama, Saphira Pricillia Estuarine dan Dyah Ayu Puspaningrum.

Dikatakan, kompetisi ini merupakan lanjutan dari tingkatan Asia Pacific Japan, dimana universitas yang mengikuti 14th ERPSim International Competition merupakan tiga tim yang memenangkan kompetisi dari region masing-masing yang terdiri dari region North America, MEE, Iberoamerica, China, EMEA South, EMEA North dan Asia Pacific Japan.

Dalam kompetisi ini, menurut Isti Rahayu, setiap tim bersaing menyusun strategi dalam mengoptimalkan proses bisnis sehingga akan tercipta efektivitas dan efisiensi dalam perdagangan dengan melibatkan faktor-faktor yang mempengaruhi sales (penjualan) yaitu procurement (pembelian raw material), production (produksi raw material menjadi finished goods), marketing dan analisis pasar.

Produk yang dijual dalam bisnis ini berupa Cereal Muesli yang terdiri dari 2 ukuran yaitu 500gr dan 1kg serta terdiri dari beberapa rasa yaitu nut, blueberry, strawberry, raisin dan mixed fruit. ERPSim merupakan sebuah kompetisi simulasi bisnis manufaktur yang menggunakan aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP) yaitu ERP-SAP dan SAP S/HANA yang dimainkan oleh lima anggota dalam satu tim.

Sementara Rifqi Muhammad SE SH MSc PhD SAS ASPM, Dosen Prodi Akuntansi UII, mengatakan pembelajaran aplikasi ERP sendiri bukan hal baru bagi UII. Prodi Akuntansi UII telah merespons kebutuhan penting pembelajaran ERP dengan memasukkan mata kuliah SAP-ERP ke dalam kurikulum sejak 2006.

Dengan begitu, seluruh mahasiswa mendapatkan bekal pengetahuan dan keterampilan menggunakan aplikasi ERP yang kini sangat diperlukan oleh perusahaan modern di berbagai skala dan sektor bisnis. Hingga saat ini, Prodi Akuntansi UII tetap aktif menjadi bagian dari SAP University Alliance.

Strategi Tim Antares

Anggota Tim Antars Humam Naufal Tsuraya mengungkapkan strategi mereka sehingga berhasil meraih juara dalam kompetisi bergengsi itu. Strategi itu antara lain memaksimalkan proses bisnis dengan perencanaan yang matang didukung oleh implementasi perencanaan bisnis.

Sementara Javier Erlandaffa Satria Dwikamba menambahkan bahwa manager sales sebagai aktor utama dalam kompetisi ini harus mempertimbangkan banyak faktor dalam penjualan seperti perbandingan harga jual produk dan harga pokok penjualan (cost of goods sold).

Sedangkan Bayu Aji Faundra Pratama mengatakan bahwa perencanaan bisnis dapat berubah seiring berjalannya game, sehingga hubungan antar tim, konektivitas pikiran dalam tim harus disatukan untuk dapat membuat suatu keputusan.

Dyah Ayu Puspaningrum menambahkan bahwa analisis pasar merupakan hal yang sangat penting karena dengan melihat peluang akan dapat meningkatkan value perusahaan. Sedangkan Saphira Pricillia Estuarine mengatakan bahwa memiliki motivasi yang sama dalam tim sangat penting karena dengan motivasi yang sama, mereka dapat melangkah untuk mencapai tujuan bersama
 
Mereka pun mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung dan mendedikasikan waktunya untuk memastikan kesiapan tim dalam mengikuti kompetisi ini yaitu coach M Fadhly Rizky Octavio, ERP CC FBE UII Ibu Isti Rahayu, Ibu Primanita, Ibu Mauli dan Pak Iksan.

Selain itu, dari tim Eagles yang telah menemani latihan kami (Fioren Akbar, Feren Fitria, Dani Malpriansah, Lestari, Rahma Alia) serta Ketua Prodi Akuntansi Mahmudi yang telah memberikan fasilitas yang sangat baik kepada tim dalam menjalani kompetisi ini.

“Menjadi pemenang dalam kompetisi ini merupakan suatu anugrah dan pengalaman paling berharga dalam hidup kami karena selain membawa nama baik universitas dan keluarga kami. Hal tersebut juga memberikan suatu value khusus pada kami. Semoga ke depan Akuntansi FBE UII terus maju dan mampu mempertahankan gelar juara di ajang apapun, sehingga selalu membanggakan almamater UII,” kata mereka. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *