Ratusan Jemaat GKI dan GKJ Bersihkan Sungai Klanduhan Minomartani Sleman

beritabernas.com – Ratusan jemaat dan anggota Komisi Pemuda dan Remaja (Komparem) Gereja Kristen Indonesia (GKI) dan Gereja Kristen Jawa (GKJ) dari berbagai daerah melakukan aksi bersih sampah di sungai Klanduhan Layur, Minomartani, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta, Kamis 1 Juni 2023.

Aksi peduli sungai yang diikuti sekitar 150 orang tersebut merupakan kerjasama antara Pengurus Komparem GKI dan GKJ, Komunitas Sungai Klanduhan Minomartani, Forum Komunitas Sungai Sleman (FKSS) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sleman.

Jemaat GKI dan GKJ melakukan bersih sampah di Sungai Klanduhan Minomartani, Sleman, Yogyakarta, Kamis (1/6/2023). Foto: AG Irawan/beritabernas.com

Pdt Benaya dari GKI mengatakan pentingnya menggugah kesadaran dan mengajak anak-anak muda untuk peduli lingkungan, khususnya sungai. “Hari ini kami bersama anak-anak muda gereja untuk melakukan aksi bersih sungai. Kita mengajak anak-anak muda yang mau belejar peduli lingkungan. Dan ini kesempatan kita untuk belajar bersama masyarakat peduli dengan sungai,” terangnya.

Pdt Benaya menambahkan, kegiatan kali ini diikuti oleh banyak anak-anak muda dan remaja GKI dan GKJ dari Sleman, Kulon Progo, Wonosari Gunung Kidul dan ada dari Kabupaten Klaten Jawa Tengah.

Aksi bersih sampah di Sungai Klanduhan Minomartani yang dilakukan Komparem GKI dan GKJ, Komunitas Kali Klanduhan, FKSS dan DLH Sleman, Kamis (1/6/2023). Foto: Istimewa

Sementara Kepala DLH Sleman Dra Epiphana Kristiyani MM yang juga turut hadir dalam acara tersebut menyampaikan pentingnya saat ini menyadarkan dan mengajak semua elemen masyarakat untuk peduli dengan sampah. “Ini tugas kita bersama. Kita harus lebih peduli dengan lingkungan. Terutama sampah. Saat ini Sleman menghasilkan sampah 331 ton setiap hari. Ayo kita harus bergandeng tangan bersama-sama mengatasi persoalan sampah ini,” ajak Epiphana.

Ketua Komunitas Kali Klanduhan Layur Minomartani Ponidjo menyambut baik kegiatan yang dilakukan Komparem GKI dan GKJ dalam aksi bersih sungai kali ini. “Kami sangat berterimakasih atas kerjasama dalam aksi bersih sungai yang dilakukan teman-teman dari GKI dan GKJ di sungai Klanduhan Layur Minomartani ini. Semoga jalinan kerjasama ini terus berlangsung dan semakin banyak orang yang peduli dengan sungai,” kata dia.

BACA JUGA:

Pengurus Komparem GKJ Sedayu Sri Suratiyah menyampaikan, acara seperti ini bagus. “Dan memang sudah waktunya gereja tidak hanya berkegiatan di dalam, tapi juga melakukan banyak kegiatan sosial di luar seperti bersih sungai. Karena menjaga lingkungan dan alam termasuk bakti kita sebagai umat Kristiani kepada Tuhan,” ungkapnya.

Dalam acara ini GKJ Sedayu mengajak 33 orang. Pihaknya juga berpesan, jika lain waktu ada aksi bersih sungai saling berkabar. Sehingga teman-teman Komparem bisa bergabung lagi. (ag irawan)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *