Rektor UST Prof Pardimin: Ikasata Ikut Bertanggungjawab untuk Memajukan UST

beritabernas.com – Rektor UST (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa) Ki Prof Drs Pardimin MPd PhD secara tegas mengatakan bahwa Ikasata (Ikatan Keluarga Alumni Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa) ikut bertanggungjawab untuk memajukan UST.

“Ikasata ikut bertanggungjawab untuk memajukan UST. Itu sifatnya wajib,” Rektor UST Ki Prof Pardimin ketika membuka Munas III Ikasata di Auditorium Kampus Pusat UST Jalan Batikan, Tuntungan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Sabtu 17 Desember 2022.

Baca juga: Ikasata Gelar Munas III di Kampus Pusat UST pada 17 Desember 2022

Dalam Munas III Ikasata yang dihadiri 50 peserta sesuai undangan atau rencana awal itu kembali memilih Ki Tri Suparyanto MPd MM sebagai Ketua Umum Ikasata untuk periode 2022-2027. Selanjutnya Ketua Umum terpilih bersama tim formatur diberi waktu selama 1 bulan untuk membentuk kepengurusan Ikasata periode 2022-2027.

Rektor UST Ki Prof Pardimin MPd PhD memukul gong tanda dibukanya Munas III Ikasata, Sabtu 17 Desember 2022. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Menurut Rektor UST Ki Prof Pardimin, selama pandemi Covid-19 UST menghadapi tantangan yang berat seperti yang dialami perguruan tinggi swasta lainnya di Indonesia yakni berkurangnya jumlah mahasiswa baru. Namun, dengan berbagai upaya yang dilakukan UST tetap bisa bertahan menghadapi tantangan tersebut.

Seiring mulai pulihnya kondisi pascapandemi Covid-19, menurut Rektor UST, pihaknya terus berupaya bersama stakeholder termasuk Ikasata untuk mengembalikan kondisi UST, terutama dari segi jumlah mahasiswa baru, seperti sebelum pandemi.

Karena itu, Rektor UST mengajak Ikasata untuk bersama-sama ikut bertanggungjawab memajukan UST dengan cara dan sesuai kapasitas yang dimiliki. Rektor UST tetap optismitis kondisi UST akan segera pulih seiring mulai pulihnya pandemi Covid-19.

Peserta Munas III Ikasata. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Ketua Umum terpilih Ikasata Ki Tri Suparyanto MPd MM menyambut baik ajakan Rektor UST agar Ikasata wajib ikut bertanggungjawab untuk memajukan UST. Menurut mantan Staf Ahli Bupati Bantul ini, upaya memajukan UST merupakan bagian dari komitmen Ikasata.

Tri Suparyanto juga bertekad mulai tahun 2023 Ikasata akan kembali aktif melaksanakan program kerja setelah hampir 3 tahun berhenti akibat pandemi Covid-19. Ia sepakat dengan Rektor UST bahwa Ikasata ikut bertanggungjawab untuk memajukan UST.

Pembukaan Munas III Ikasata. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

“Sinergisitas dan kolaborasi sesuai kapasitas masing-masing sangat penting dalam menghadapi tantangan ke depan. Ikasata akan terus mendampingi induknya yakni UST agar terus maju dan berkembang untuk mewujukan target UST sebagai perguruan tinggi unggul tingkat ASEAN tahun 2025,” kata Tri Suparyanto. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *