SMA Bopkri Banguntapan Yogyakarta Sukses Menggelar BCC#2 2023

beritabernas.com – SMA Bopkri Banguntapan Yogyakarta (Bobayo) sukses menggelar ajang kreatif siswa bertajuk Bobayo Creative Competition (BCC)#2 tahun 2023. Puncak acara yang mengusung tema Genggam Dunia Melalui Bahasa ini berlangsung di Hotel Merapi Merbabu, Jumat 10 November 2023.

Dalam BCC#2 dikompetisikan tiga jenis lomba, yakni lomba cipta cover lagu dengan tema Hai Dunia Ini Ekspresiku. Ada pula lomba penulisan cerpen bertema Merajut Asa Tuk Meraih Mimpi dan lomba Story Telling bertema Telling Your Imagination.

Ketua panitia BCC#2 Hana Septa Gracia mengatakan peserta pada event kali para siswa-siswi SMP yang berasal dari berbagai sekolah di Indonesia. “Peserta tidak hanya dari DIY saja, namun dari Jateng, Jatim, Banten, NTT dan NTB. Ada pula dari Riau, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Sumatera Barat dan Kalimantan Timur,” kata dia seusai acara.

Penyerahan hadiah bagi para pemenang kategori Lomba Cover Lagu dalam BCC#2 tahun 2023, di Hotel Merapi Merbabu, Yogyakarta, Jumat (10/11/2023). Foto: Istimewa

Saat memberikan sambutan, Kepala SMA Bobayo Endah Nursinta MPd menyampaikan rangkaian BCC#2 ini dimulai sejak 1 hingga 31 Oktober 2023. “Pendaftaran dan pengumpulan karya dari tanggal 1 sampai 31 Oktober 2023. Dilanjutkan dengan proses penjurian dari tanggal 1 hingga 8 November 2023. Dan pengumuman pemenang pada 10 November 2023,” terangnya.

Kegiatan BCC#2 ini diharapkan mampu menjadi titik awal pengembangan kreativitas bagi para siswa. “Kami di SMA Bobayo berkomitmen menyiapkan pemimpin masa depan yang unggul. Utamanya dalam teknologi dan bahasa. Bobayo juga mulai mengembangkan pembelajaran berbasis digital,” lanjut Sinta.

Salah satu juri lomba cerpen sekaligus konsultan pendidikan SMA Bobayo Prof.Dr.Suroso, M.Pd menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan BCC#2 tersebut. Pihaknya berharap banyak sekolah mau menyelenggarakan ajang kreatif seperti BCC.

BACA JUGA:

“Tidak semua sekolah berani menyelenggarakan kegiatan kreatif seperti ini. Ada lomba cover lagu, menulis cerpen dan story telling. Sekolah yang baik ditentukan kerjasama dari seluruh stakeholder didalamnya,” ungkapnya.

Suroso mengaku, para siswa yang sudah berani berkarya dan mengirimkan karya itu sudah hebat. “Misalnya untuk lomba karya tulis. Semoga dari menulis cerpen kelak bisa menjadi novelis. Saya siap membantu program-program sekolah. Bahkan sekarang ada program profesor masuk sekolah. Ini bisa kita kerjasamakan,” ajaknya.

Balai Dikmen Kabupaten Bantul Ismunardi MPd MM, mengapresiasi inisiasi yang bagus dari Bobayo tersebut. Bahkan dengan sebaran peserta dari seluruh nusantara. “Dan yang penting, sekolah terus memberikan ruang-ruang kreatif pada anak-anak kita,” ujarnya.

Adapun para pemenang BCC#2 tahun 2023 sebagai berikut. Untuk kategori Lomba Menulis Cerpen, juara 1 diraih Raditya Satria dari SMPN 1 Kota Mungkid, Jateng (1023). Menyusul juara 2 Fayha Ilma Rosyada dari SMPN 1 Yogyakarta (984) dan juara 3 Patricia Deaveny dari SMP Aloysius Turi, Sleman ( 979). Sedang juara harapan 1 Yovira Dwi Agustiani dari SMP Bopkri 3 Yogyakarta ( 969 ) dan juara harapan 2 Gabriella Tabitha Wardani dari SMP Bopkri 3 Yogyakarta ( 966).

Para pemenang lomba dalam BCC#2 berhak mendapat piala, piagam penghargaan, uang pembinaan dan souvenir dari sponsor, Jumat (10/11/2023). Foto: Istimewa

Sementara untuk kategori Cover Lagu, juara 1 diraih Gaharu Cendana Putri Tjandra SMP Stella Duce 2 Yogyakarta (826). Juara 2 Denisya Gendis dari SMP Stella Duce 2 Yogyakarta (813). Juara 3 Benike Dian dari SMP Kesatuan Bangsa (812). Menyusul juara harapan 1 Rihanaya dan Setyana dari SMP Pangudi Luhur Giriwoyo, Wonogiri, Jateng (801). Sedangkan juara harapan 2 diraih Johanes Kunawi dari SMPN 8 Yogyakarta (791).

Untuk kategori Story Telling, juara 1 diraih Ken Reida Mahagiri dari SMPN 1 Yogyakarta (818). Juara 2 Benjamin Joseph Lie dari SMP Pangudi Luhur Ambarawa, Jateng (817). Juara 3 Ahmad Abiyyu JA dari SMPN 2 Mataram, NTB (814). Sementara juara harapan 1 Teresa Clairin dari SMPN 1 Yogyakarta (809). Juara harapan 2 Tsuraya Mayendra dari SMPN 1 Rejang Lebong, Bengkulu, Sumatera Selatan (808).

Dalam BCC#2 ini, SMA Bobayo juga meresmikan sekolah berbasis digital bernama Learning Management System (LMS). Sebuah sistem pembelajaran berbasis digital guna mendukung kegiatan belajar mengajar. Terutama dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah bagi guru dan para siswa di SMA Bobayo. (ag irawan)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *