Penguatan Literasi SD Jombor Hadirkan Guru MTsN 3 Bantul

beritabernas.com – Dengan mengusung tema Menulis Membuatku Bahagia, SD Negeri Jombor, Srimulyo, Piyungan, Bantul mengadakan kegiatan Penguatan Literasi, menghadirkan narasumber Guru MTsN 3 Bantul yang juga aktif sebagai Penggerak Literasi Drs Sutanto, Senin 13 November 2023.

Di hadapan siswa kelas 4 dan 5, Sutanto mengungkapkan bahwa dengan menulis bisa membuat hati bahagia. Semua yang ada dalam diri seseorang dapat ditulis dan dicetak menjadi buku.

BACA JUGA:

“Jika kita sudah biasa menulis bisa diibaratkan seperti air sumur, meski setiap saat diambil airnya tak akan kering, justru akan terus keluar airnya. Demikian juga ide yang ada dalam otak kita tetap akan muncul. Dengan berbekal karya buku, kita bisa menemui banyak tokoh,” ujar guru yang sudah menulis 22 buku solo ini.

Sutanto (kanan) menyerahkan buku karyanya kepada Kepala SD Jombor. Foto: Istimewa

Banyak ragam yang bisa kita tulis menjadi sebuah buku, misalnya puisi, true story, cerita anak, fabel, cerita bergambar, pantun, kata bijak, dll. Menulis tidak harus di kertas namun kita bisa membuat konsep karya dengan memanfaatkan handphone, diunggah di media sosial, diunduh dan disimpan di laptop, diedit dulu baru dikirim ke penerbit.

Beberapa hal yang mesti dihindari, diantaranya: plagiat (menjiplak), mengandung unsur SARA, pornografi dan ujaran kebencian.

Sutanto saat menyampaikan materi tentang literasi di SD Jombor. Foto: Istimewa

Kepala Sekolah Beni Yuli Prastowo SPd menyambut gembira dengan agenda di sekolahnya. Ia berharap dengan materi penguatan literasi para siswa termotivasi mau menulis dan pada akhirnya sekolah dapat memiliki buku antologi.

“Ketika akreditasi kemarin, salahsatu hal yang ditanyakan asesor tentang buku antologi. Jadi kegiatan ini sangat pas menjawab permasalahan itu. Semoga anak-anak segera giat menulis,” harap Beni.

Acara berlangsung seru dengan dipandu  guru kelas 1, Sri Mulyaningsih diselingi dengan yel-yel dan nyanyi bersama. Di akhir acara dilakukan foto bersama dan sedekah buku oleh Sutanto kepada Retno Dewanti, guru kelas 5 mewakili SD Negeri Jombor. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *