SMA BOPKRI I Yogyakarta Gelar Kemah Prestasi

beritabernas.com – Gerakan Pramuka Gugus Depan 03053-03054 yang berpangkalan di SMA BOPKRI I (BOSA) Yogyakarta menyelenggarakan Kemah Prestasi tahun 2023.

Kemah Prestasi yang diadakan di Camping Ground Pentingsari, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman sejak Jumat 24 Februari sampai dengan Minggu 26 Februari 2023 itu diikuti oleh seluruh siswa siswi Kelas X SMA BOPKRI I (BOSA) Yogyakarta yang terdiri dari 8 kelas.

Sartana S.PAK MPd (kanan) selaku Pembina Upacara menyematkan tanda peserta kemah prestasi. Foto: agung bp

Dalam Kemah Prestasi ini, para siswa-siswi didampingi oleh Dewan Ambalan, pembina serta satuan karya Pramuka Bhayangkara. Kemah Prestasi tahun 2023 dibuka oleh Sartana S.PAK MPd selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan yang juga Kepala SMA BOPKRI I Yogyakarta.

Menurut Sartana, kegiatan Kemah Prestasi SMA BOPKRI I Yogyakarta telah didesain untuk membuat peserta didik dapat mandiri, tangguh dan disiplin dengan hidup bersama teman-teman di alam terbuka. Dengan demikian diharapkan akan tercipta calon-calon pemimpin sebagai generasi penerus yang berakhlak mulia dan selalu menjunjung tinggi Satya Darma Pramuka.

Peserta putri kemah prestasi foto bersama Kepala SMA BOSA. Foto: agung bp

Selain kegiatan umum dan kegiatan ketrampilan kepramukaan, dalam Kemah Prestasi ini juga dilaksanakan giat bakti yaitu menyumbang buku untuk PAUD setempat. Selain itu, dilakukan pengembangan peserta didik dalam bina satuan yang dilaksanakan di SD Negeri Cancangan.

Dalam kegiatan Pramuka di sekolah tersebut, peserta perkemahan mengisi fun game yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas 1 sampai 6. SMA BOPKRI 1 Yogyakarta juga memberikan bantuan berupa buku bacaan untuk perpustakaan sekolah yang diserahkan secara langsung oleh Kepala SMA BOPKRI I Yogyakarta Sartana S.PAK MPd dan Anita Krisnandari SPd MM, Kepala Perpustakaan SMA BOPKRI 1 Yogyakarta.

Peserta putra kemah prestasi foto bersama Kepala SMA BOSA. Foto: agung bp

Dalam Kemah Prestasi ini, peserta perkemahan mengikuti kegiatan jelajah alam, hasta karya, menulis indah, geguritan, pionering, lomba masak, ketajamani indra manusia, asah terampil. Selain dilakukan apresiasi seni dengan berbagai tampilan antara lain drama cerita legenda, musikalisasi puisi, drama cerita rohani, dance, tarian tradisional dan pantomim.

Semua kegiatan dikelola oleh Dewan Ambalan yang didampingi oleh pembina antara lain Cita Murti Prameswari SPd, Octavianus Chris Ardyanto SPd, Agung Budi Putranto MT, Lukas Istiadi MT, Gideon Haryo Adhi, Dra V Lies Ratnawati, Maria Andrenia Niken Ayu S.SPd, Gregorius Aditya Wibisono SPd, Christsian Diesta Kurniawan S.S serta didampingi oleh Devira Nur Wulansari dari tim kesehatan SMA BOPKRI 1 Yogyakarta.

Penyerahan simbolis buku bacaan untuk SD Negeri Cancangan dari SMA BOSA. Foto: agung bp

Perkemahan  ditutup dengan upacara yang dipimpin oleh Drs Mursetyadi Yuli Sadono MPd selaku ketua panitia. Dalam upacara juga diberikan beberapa penghargaan bagi kelas penampil apresasi seni terbaik, kelas terkreatif menciptakan dan mengelola fun games serta sangga tergiat dan berprestasi baik putra maupun putri.

Pada kesempatan itu juga dilakukan pendaftaran bagi peserta didik yang ingin menjadi Calon Dewan Ambalan, sehingga tercipta regenerasi kepengurusan untuk masa yang akan datang. (agung budi putranto)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *