Sukses Dihadiri 25 Ribu Penonton, Kustomfest 2023 Konsisten Hadirkan Acara Berkualitas

beritabernas.com – Kusomfest 2023 sukses digelar di Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta pada 7-8 Oktober 2023. Kustomfest yang dihadiri 25 ribu penonton itu terjadi antara lain karena konsisten menghadirkan acara berkualitas khas anak kustom.

Ketika membuka Kustomfest 2023, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X berharap Kustomfest bisa menjadi salah satu acara yang menggerakkan perekonomian kota Yogyakarta.

Menurut Menurut Lulut “LT” Wahyudi, Director KUSTOMFEST, acara yang dibuka oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Sabtu 7 Oktober 2023 ini menjadi salah satu agenda yang banyak dihadiri masyarakat, tidak hanya dari Yogyakarta tetapi juga dari kota-kota lain seperti Bandung, Solo, Semarang, Jakarta, Surabaya, Makassar, Pekanbaru, Manado, Balikpapan, Pontianak, Bali bahkan dari negara tetangga seperti Jepang, Malaysia, Brunei, Singapura dan Thailand.

Salah satu pecinta kostum dari luar negeri mengamati detail salah satu karya peserta. Foto: Istimewa

Membaiknya situasi pasca Covid-19 juga terlihat dengan semakin banyaknya pengunjung yang datang untuk menyaksikan kembali acara Lebaran Kustom ini. Acara Kustomfest 2023 dipenuhi oleh berbagai kegiatan dan aktivitas di dalam area JEC mulai dari talkshow, eksebisi dari para tamu dan tenant yang bergabung di Kustomfest 2023-Retro Future seperti Kustom Bike Show, Hot Rod & Kustom Car Show, Kustom Journey, Kustom Paint Exhibition, Von Dutch Wizard Lamp Paint Contest, Kuroboshi Airbrush/ Spray Paint Kontest, Kustom Paint Battle, Helmet Kustom Paint Kontest, Diecast Kontest, Kustom Bicycle Show, RC Show Off Body Contest, BMX Kontest, Pin Up Contest dan balapan Flat Track dengan bintang tamu asal Jepang Toshiyuki “Cheetah” Osawa dan Masa Komazaki asal Jepang.

“Kustomfest 2023-Retro Future mendapatkan respon luar biasa dari pecinta custom. Mereka rela datang dari berbagai wilayah untuk menghadiri acara ini. Saya berharap Kustomfest tetap bisa menjadi salah satu acara yang secara konsisten menghadirkan acara berkualitas khas anak kustom. Saya juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung penyelenggaraan acara pada tahun ini,” ujar Lulut “LT” Wahyudi, Director Kuzstomfest, dalam rilis yang diterima beritabernas.com, Senin 9 Oktober 2023.

Kustomfest selalu menghadirkan karya kostum yang baru dan inovatif. Foto: Istimewa

Menurut Lulut, kesuksesan acara Kustomfest tidak lepas dari dukungan yang diberikan oleh pemerintah DIY, Bank BRI, PT Pegadaian, Ambarrukmo, Eiger Riding, Von Dutch Indonesia, Pengda IMI DIY, Jogja Festivals, The Gade Coffee & Gold by Pegadaian, Visiting Jogja, Honda, Kawasaki, Samurai Kurobushi, Belkote, Yamaha, Repsol Indonesia, Penta Prima, Alfaglos, Oilos, EdcoBatt, Astra Otoshop, KYB, Deus Ex Machina, Dickies, Elders Electrico, Rollie Monkie, Heri Pemad Management, Thunder Productions, Visiting Jogja, Jogja Expo Center, Tattoo Merdeka, Fourspeed, Sweda, Dagadu, Trooper Custom, Manasi Ride, Amare Media Group, RC Adventures YK, Indonesia Modification Expo, PPMKI, Locarpet, serta Gudang Digital Indonesia.

Hari pertama Kustofest 2023

Pada hari pertama Kustomfest yang dibuka oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X antara lain diisi dengan acara penandatanganan mobil Lucky Draw “Gagak Rimang” oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X bersama dengan para tamu internasional.

Selain itu, dilakukan lelang motor Kawasaki edisi Kostomfest, Honda Dream Project dan Talkshow mengenai konversi motor listrik oleh PT Pegadaian bersama dengan Elders Elettrico dan vokalis dari band legendaris, Kaka Slank. Di area outdoor, penonton dimanjakan dengan area tenant F&B sebelum dihibur oleh band Kelompok Penerbang Roket dan Deadsquad.

Sementara pada hari kedua diisi dengan Kustom Bike Show dan Hot Rod & Kustom Car Show. Beberapa peserta dari kategori mobil dan motor dihadirkan ke atas panggung untuk mendapatkan penilaian dari tamu-tamu internasional.

BACA JUGA:

“Hasil karya dari builder lokal ternyata berhasil mencuri perhatian tamu internasional, salah satu tamu internasional yang memberikan komentar adalah Winston Yeh, builder Rough Crafts asal Taiwan. Salah satu peserta membuat motor mulai dari nol, mulai dari rangka hingga part-part kecil yang melengkapi keutuhan motor buatannya. Ini membutuhkan dedikasi tinggi dan ketelitian luar biasa sehingga rasanya secara kualitas builder Indonesia sudah bisa bersaing dengan builder dari negara lain,” kata Lulut.

Selain Kustom Show, salah satu konten acara yang banyak mendapatkan animo tinggi dari pengunjung adalah balap Flat Track. Tercatat 60 starter yang ikut beberapa kategori dalam balapan tahun ini. Ada juga kelas khusus yaitu kelas star racer yang diikuti oleh belasan pelaku balap flat track yang sedang menjadi tren di Indonesia saat ini.

Best of Kustom Bike Show dan Hot Rod & Kustom Car Show

Muncul sebagai Best Kustom Bike Kustomfest 2023 adalah motor trike berlabur chrome buatan kolaborasi Ayah dan Anak builder Andika Pratama x Dodi Irhas dari Kromworks x Dodi Chrome Cycles. Sementara untuk Best Kustom Car KUSTOMFEST adalah mobil Chevrolet Apache dari workshop Aerodynomite.

Direktur Kustomfest Lulut Wahyudi (kiri) bercanda dengan salah satu pesrta kontes modifikasi. Foto: Istimewa

Kedua mobil dan motor tersebut dinobatkan sebagai yang terbaik oleh para juri acara Kustomfest 2023. Beberapa motor dan mobil peserta juga berhasil mendapatkan apresiasi dari para juri internasional sehingga para builder tsb juga patut berbangga hati.  

Seperti tradisi dari tahun-tahun sebelumnya, pengundian acara Lucky Draw Kustomfest 2023 menjadi perayaan puncak acara pada tahun ini. Setelah penampilan dari band Jangar dan The SIgit, penonton yang memadati area outdoor menyaksikan pengundian yang dilakukan langsung oleh tim Kustomfest. Lucky Draw tahun 2023 “Gagak Rimang” berhasil dibawa pulang oleh Dedi Kurniawan, penonton asal Kota Kendal yang datang khusus untuk menonton acara Kustomfest dengan membeli tiket di venue.

“Tidak percaya bisa mendapatkan hadiah Lucky Draw ini. Terima kasih kepada Kustomfest yang selalu membuat Lucky Draw pada para penonton setianya dari tahun ke tahun,” kata Dedi Kurniawan. (Ari Rheno Prakosa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *