Tambah 2 Guru Besar Baru, UII Kini Miliki 37 Dosen Bergelar Profesor

beritabernas.com – Hingga saat ini, Universitas Islam Indonesia (UII) memiliki 37 guru besar atau profesor yang merupakan jabatan akademik tertinggi di lingkungan perguruan tinggi. Jumlah 37 guru besar tersebut menyusul penyerahan SK Mendikbud RI tentang pengangkatan 2 guru besar baru UII yakni Prof Dr Zaenal Arifin MSi dan Prof Dr-Ing Ir Ilya Fadjar Maharika MA IAI, Jumat 6 Oktober 2023.

Penyerahkan SK Guru Besar dari Mendikbud RI kepada Prof Zaenal Arifin dan Prof Ilya Maharika dilakukan oleh Kepala LLDikti Wilayah V DIY Prof drh Aris Junaidi PhD melalui Rektor UII Prof Fathul Wahid ST MSc PhD di Gedung Kuliah Umum Prof Dr Sardjito Kampus Terpadu UII.

Menurut Rektor UII Prof Fathul Wahid, selain memiliki 37 guru besar, UII juga memiliki dosen berpangkat Lektor Kepala yang selangkah lagi menjadi guru besar dan 115 dosen dengan jabatan Lektor dari total 800 dosen UII dengan rincian 258 dosen bergelar doktor dan 1 Spesialis-2, 39 Spesialis-1 dan 502 magister/sederajat.

Rektor UII Prof Fathul Wahid menyerahkan SK Guru Besar kepada Prof Ilya Fadjar Maharika (kanan) disaksikan oleh Kepala LLDikti Wilayah V DIY Prof Arif Junaidi (kiri). Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Sementara Kepala LLDikti Prof drh Aris Junaidi PhD mengungkapkan, di lingkungan LLDikti Wilayah V DIY hingga kini tercatat ada 170 dosen dengan jabatan gurur besar/profesor dari total sekitar 100 perguruan tinggi swasta di DIY. Selain itu, ada 70 dosen di lingkungan LLDikti Wilayah V yang sedang dalam proses menjadi guru besar.

Profil 2 guru besar baru UII

Ike Agustina S.Psi M.Psi Psikolog, Direktur Sumber Daya Manusia/Sekolah Kepemimpinan UII dalam laporannya mengungkapkan, Prof Dr Zaenal Arifin MSi merupakan guru besar dalam bidang ilmu Manajemen Keuangan. Ia merupakan profesor ke-8 di Fakultas Bisnis dan Ekonomika UII.

BACA JUGA:

Pria kelahiran Pati, Jawa Tengah 7 Agustus 1965 ini merupakan dosen tetap pada Program Studi Manajemen Program Sarjana, Fakultas Bisnis dan Ekonomika UII sejak 1 Oktober 1988 berdasarkan Surat Keputusan Pengangkatan Yayasan Badan Wakaf Nomor 35/A.I/PH/1989.

Prof Zaenal Arifin menyelesaikan gelar Doktor dalam bidang Ilmu Manajemen di Universitas Indonesia pada tahun 2003, menyelesaikan program Magister dalam bidang Ilmu Manajemen di Universitas Indonesia tahun 1993 dan memperoleh gelar Sarjana dari Universitas Islam Indonesia Yogyakarta dalam bidang ilmu Manajemen Perusahaan tahun 1987.

Sementara Prof Dr-Ing Ir Ilya Fadjar Maharika MA IAI menyandang gelar jabatan akademik profesor dalam bidang ilmu Arsitektur berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 51521/M/07/2023.

Rektor UII Prof Fathul Wahid menyerahkan SK Guru Besar kepada Prof Zaenal Arifin (kanan) disaksikan oleh Kepala LLDikti Wilayah V DIY Prof Arif Junaidi (kiri). Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Prof Ilya Fadjar Maharika merupakan guru besarke-8 di Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) UII, Pria kelahiran Temanggung 2 April 1968 ini merupakan dosen tetap pada Program Studi Arsitektur Program Sarjana FTSP UII. Ia menjadi dosen tetap UII sejak 1 Oktober 1993 berdasarkan Surat Keputusan Pengangkatan Yayasan Badan Wakaf Nomor 136/A.I/PH/1993.

Ilya Fadjar Maharika menyelesaikan gelar Doktor pada bidang Arsitektur Teori dan Perkotaan dari Universität Kassel, Germany tahun 2006, menyelesaikan program Magister dari University of York, UK pada bidang ilmu Architecture pada tahun 1999 dan memperoleh gelar Sarjana dari UGM dalam bidang Arsitektur pada tahun 1993. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *