Tanggap dan Siaga Terhadap Kebakaran, Novotel Suites Yogyakarta Malioboro Gelar Simulasi

beritabernas.com – Sebagai upaya agar selalu tanggap dan siaga terhadap kebakaran, Novotel Suites Yogyakarta Malioboro melakukan simulasi pemadaman kebakaran bersama Damkar, PHRI dan Polda DIY pada Kamis 16 Juni 2022.

Simulasi pemadaman kebakaran yang dilakukan Novotel Suites Yogyakarta Malioboro yang bekerjasama dengan Damkar DIY, PHRI DIY dan Polda DIY ini bertujuan untuk meningkatkan kesiagaan dan kewaspadaan karyawan hotel dalam menangani insiden kebakaran.

Menurut Lolita R Amanda, Marketing Communication Novotel Suites Yogyakarta Malioboro, dalam rilis yang dikirim kepada beritabernas.com pada Kamis 16 Juni 2022, persiapan yang diberikan sebelum simulasi digelar adalah pembekalan materi yang diisi langsung oleh Damkar Kota Yogyakarta, DIY dan dihadiri seluruh karyawan.

Pembekalan materi tersebut mencakup unsur api, proses terjadinya api hingga klasifikasi api dan penjelasan mengenai fungsi dan pemakaian alat-alat pemadam seperti Sprinkler dan Apar. Karyawan juga melakukan praktik dalam penggunaan Fire Safety Equipment yang sesuai dengan tahapan yang telah dijelaskan.

General Manager Novotel Suites Malioboro Novi Soesano bersama Ketua PHRI DIY Deddy Pranowo, Kepala Dinas Damkar DIY Octo Noor dan AKBP Kurniati selaku Kasubdit Wisata Ditpamobvit Polda DIY. Foto: Dok Novotel Suites Malioboro

Dikatakan, Novotel Suites Yogyakarta Malioboro telah membuat skenario dan penjelasan simulasi pemadaman kebakaran kepada karyawan, agar karyawan dapat mengikuti alur, mengetahui tugasnya dan mengetahui assembly point saat berlangsungnya simulasi pemadaman kebakaran.

Menurut General Manager Novotel Suites Malioboro, Novi Soesano yang dikutip Lolita Amanda, kegiatan ini cukup penting sehingga wajib untuk diikuti oleh karyawan guna meningkatkan kesiagaan dan kewaspadaan ketika terjadi insiden yang tidak diinginkan guna korban Jiwa.

“Saya juga mengajak para tamu hotel untuk bergabung supaya mereka mengerti dan tidak panik ketika terjadi hal yang tidak diinginkan,” kata Novi Soesano.

Meurut Novi, kgiatan simulasi pemadaman kebakaran akan rutin diadakan setiap tahun. Simulasi kali ini dihadiri langsung oleh Ketua PHRI DIY Deddy Pranowo, Kepala Dinas Damkar DIY Octo Noor dan AKBP Kurniati selaku Kasubdit Wisata Ditpamobvit Polda DIY.

Menurut Deddy Pranowo selakuKketua PHRI DIY kegitan ini cukup baik sehingga menambah rasa aman pengunjung ketika sedang menginap di Novotel Suites atau berlibur di area Malioboro. “Saya harap hotel-hotel lain di Yogyakarta juga segera membuat simulasi pemadaman kebakaran agar calon wisatawan yang akan berkunjung merasa lebih aman,” katanya.

Kegiatan ini juga mendapat apresiasi dari Kadis Damkar DIY dan Polda DIY karena kesadaran Novotel Suites Malioboro dalam mengadakan simulasi pemadaman kebakaran untuk meminimalisir jumlah korban serta memberikan edukasi kepada karyawan, masyarakat dan lingkungan sekitar jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. (lip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *