Umat Lingkungan Santo Agustinus Ziarah ke Pohsarang, Upaya Merajut Kebersamaan

beritabernas.com – Umat Katolik Lingkungan Santo Agustinus Nologaten, Paroki St Yohanes Rasul Pringwulung, melakukan ziarah dan rekreasi (ziarek) di Gua Maria Pohsarang Kediri, Jawa Timur. Dengan menggunakan dua bus ukuran sedang, mereka berangkat Sabtu 8 malam pukul 22.00 wib dan tiba diGua Maria Pohsarang pada Minggu 9 Juli 2023 pukul 04.00 WIB.

BACA JUGA:

Sesuai nama ziarek-ziarah dan rekreasi, kegiatan tersebut selain sebagai kegiatan rohani melakukan devosi kepada Bunda Maria, Ibu Yesus, juga rekreasi untuk merajut kebersamaan umat Lingkungan Santo Agustinus Nologaten.

Peserta yang mengikuti ziarek pun berasal dari segala usia mulai dari balita (bawah limba tahun) hingga lansia (lanjut usia) di atas 70 tahun. Mereka berbaur tanpa sekat, bercanda dan berdoa.

Umat Lingkungan St Agustinus foto bersama di sela-sela ziarah ke Pohsarang. Foto: Philipus Jehamun/ beritabernas.com

“Ini kegiatan rutin lingkungan yang hampir setiap tahun diadakan. Ini sebagai salah satu upaya kami merajut kebersamaan dan mempertebal iman umat melalui kegiatan ziarek,” ketua Titik Setyaningsih, Ketua Lingkungan St Agustinus.

Sebagai kegiatan rekreasi, di sepanjang perjalanan berangkat maupun pulang, mereka saling bercanda, bergurau dan bernyanyi bersama. Perjalanan pun terasa indah dan tak terasa lelah karena mereka menikmatinya dengan penuh sukacita.

Umat Lingkungan St Agustinus melakukan jalan salib saat ziarah di Gua Maria Pohsarang. Foto: Philipus Jehamun/ beritabernas.com

Setiba di Gua Maria Pohsarang pada Minggu pagi, mereka istirahat sejenak di ruang serba guna yang belum selesai 100 persen dibangun. Sekitar pukul 05.00 pagi mereka mandi lalu pukul 06.30 sarapan di Griya Hening Susteran Putri Kasih.

Selanjutnya pada pukul 08.00 mereka mengikuti jalan salib dan pukul 11.00 mengikuti misa di Gua Maria Pohsarang bersama ratusan bahkan ribuan umat dari daerah lain. Setelah mengikuti misa dan makan siang, mereka pun kembali dan tiba di Jogja pukul 22.00 WIB dalam keadaan sehat dan selamat. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *