Vikep Jogja Barat: Pesparani 2024 Memperkuat Persaudaraan dan Kecintaan pada Tanah Air

beritabernas.com – Vikep Yogyakarta Barat Romo AR Suwondo Pr mengatakan bahwa Pesparani sangat diapresiasi oleh Gereja. Pesparani memberikan kesempatan bagi para utusan paroki untuk saling kenal dan berkolaborasi. Relasi yang terjalin akan tumbuh dengan baik.

Selain itu, menurut Vikep Jogja Barat, Pesparani membantu peserta mendisiplinkan diri dalam mencapai tujuan karena mereka mengikuti proses panjang dari latihan dan komunikasi menjadi sarana untuk mensyukuri berkat Tuhan.

“Pesparani adalah wujud nyata perhatian negara kepada rakyat. Kita sebagai umat Katolik, juga bagian dari masyarakat yang bersama-sama merajut kebersamaan di Kabupaten Sleman,” ujar Romo Suwondo pada pembukaan Pesparani 2024 Kabupaten Sleman, Sabtu 6 Juli 2024.

Para juara Pesparani 2024 Kabupaten Slema. Foto: Dok panitia

Romo Suwondo mengingatkan umat agar harus menyadari bahwa kita adalah 100% Katolik dan 100% Indonesia sesuai pesan Mgr Soegijapranoto. “Pesparani merupakan salah satu cara untuk mewujudkan pesan tersebut dalam kehidupan nyata,” kata Romo Suwondo seraya berharap Pesparani dapat terus meningkatkan kualitas hidup dan spiritualitas umat Katolik di Sleman.

Dengan partisipasi aktif dari seluruh paroki dan dukungan penuh dari pemerintah, Pesparani diharapkan dapat menjadi ajang tahunan yang semakin meriah dan bermanfaat. “Pesparani bukan hanya tentang meraih juara, tetapi juga tentang banyak hal yang membuat kita semakin berkualitas,” ujar Suwondo.

Seluruh rangkaian acara Pesparani 2024 di Sleman ini menjadi wadah bagi umat Katolik untuk berinteraksi, berkarya dan mengembangkan diri. Dengan semangat kebersamaan dan kolaborasi, Pesparani dapat menjadi ajang yang memperkuat rasa persaudaraan dan kecintaan terhadap Tanah Air, selaras dengan pesan Mgr Soegijapranoto, “100% Katolik, 100% Indonesia.”

Diingatkan lagi oleh Romo Vikep Suwondo Pr, Pesparani 2024 di Kabupaten Sleman bukan sekadar lomba, melainkan sebuah perayaan kebersamaan dan keberagaman yang diharapkan dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat bagi seluruh umat Katolik di daerah ini.

BACA JUGA:

 Pesparani 2024 Kabupaten Sleman dibuka oleh Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa di Kompleks Seminari Kentungan, Sabtu 6 Juli 2024. Acara tahunan yang digelar oleh Lembaga Pengembangan dan Pembinaan Pesparani Katolik (LP3K) Daerah Kabupaten Sleman menghadirkan berbagai lomba keagamaan yang melibatkan partisipasi aktif dari paroki-paroki di seluruh wilayah Sleman.

Menurut Ketua LP3K Daerah Kabupaten Sleman Bambang Sigit Sulaksono,seluruh kegiatan Pesparani tahun ini sepenuhnya didanai oleh APBD Kabupaten Sleman. “Tahun lalu, semua cabang lomba berlangsung dengan sangat meriah dan luar biasa. Karena akan dilaksanakan setiap tahun, kami merencanakan perayaan besar setiap dua tahun sekali,” tutur Bambang.

Bambang juga mengajak semua paroki di Sleman untuk berpartisipasi aktif. “Ada 17 paroki dan 1 dari Sriningsih yang terlibat. Karena kegiatan ini rutin, kami berharap semua paroki dapat ikut serta setiap tahunnya,” katanya.

Pesparani tahun ini diikuti oleh 135 peserta dari 16 paroki dan 2 stasi. Lomba yang dipertandingkan meliputi Mazmur Anak, Remaja, dan Dewasa, Lomba Cerdas Cermat Anak dan Remaja, serta Lomba Tutur Kitab Suci Anak. (lip)

 


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *