Gempa Berkekuatan 4,6 Magnitude Mengguncang Kabupaten Batang

beritabernas.com – Gempa berkekuatan 4.6 magnitude mengguncang wilayah Kabupaten Batang, Jawa Tengah pada Minggu 7 Juli 2024 pukul 14.35.25 WIB. Pusat gempa berada di 6 km barat daya Kabupaten Batang dengan kedalaman 10 km.

Menurut Pisdalops-PB BPBD Provisni Jawa Tengah, gempa berkekuatan Mag 4.4 yang terjadi pukul 14:35:24 WIB terjadi di 6.87 Lintang Selatan, 109.75 Bujur Timur (5 km Timur Laut Batang, Jawa Tengah) dengan kedalaman 6 km. Gempa dirasakan di Batang, Pekalongan III MMI, Kendal II MMI.

Gempa tersebut mengakibatkan kerusakan di rumah warga dan tempat ibadah di beberapa wilayah, seperti Kabupaten Batang dan Kota Pekalongan.

Di Kabupaten Batang, 43 rumah rusak terdiri dari 5 rumah rusak berat, 12 rumah rusak sedang dan 26 rumah rusak ringat. Selain itu, sebanyak 10 unit fasilitas umum rusak terdiri dari 1 masjid rusak ringan, 3 sekolah rusak, 1 pasar rusak sedang.

BACA JUGA:

Kemudian sebanyak 12 jiwa mengalami luka ringan dan 11 orang di antaranya sudah kembali ke rumah dan seorang lagi masih menjalani observasi di RS QIM.

Sementara itu, di Kota Pekalongan ada dua rumah mengalami rusak ringan yakni di Kelurahan Gamer RT 02/ RW 04 Kecamatan Pekalongan Timur yang dihuni 2 KK atau 7 jiwa. 

Upaya yang dilakukan BPBD Provinsi Jawa Tengah adalah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Batang dan Kota Pekalongan terkait dampak. BPBD Kabupaten Batang melakukan assesment dan inventarisasi terkait dampak yang ditimbulkan. Sementara BPBD Kota Pekalongan melakukan assesment ke lokasi kejadian.

Selain itu, BPBD Kabupaten Batang, PMI Batang dan Dinsos Batang mendistribusikan bantuan logistik kepada warga terdampak. Dinkes Provinsi Jateng mengerahkan tim medis dan relawan untuk memberikan pertolongan dan perawatan kepada korban terdampak. Sedangkan Dinsos Kabupaten Batang mendirikan dapur umum di Balai Desa Warungasem.

Masyarakat dihimbau untuk tetap waspada dan mengikuti arahan dari pihak berwenang demi keselamatan bersama.

Sementara bantuan yang dibutuhkan adalah Sarung tangan dan pelindung 100 Pcs, sekop dan cangkul 50 Pcs, gerobak sorong 20 Unit, palu dan pahat 25 unit, masker dan respontur 100, First Aids Kit 15dan 400 paket makanan. (*/lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *