Wabup Bantul Senang Menerima Buku Sutanto

beritabernas.com – Wakil Bupati Bantul Joko B Purnomo merasa senang dengan buku Gurit Lima-lima yang merupakan kumpulan geguritan karya Guru MTsN 3 Bantul, Sutanto. Wabup mengaku, sebagai orang Jawa yang menjunjung tinggi budaya dan nilai tradisi, ia juga suka dengan karya sastra geguritan.

Hal itu dikatakan Wabup Bantul Joko B Purnomow saat menerima buku Sutanto di sela-sela upacara Hari Korpri ke-62 tahun 2023 di Lapangan Paseban Bantul, Rabu 29 November 2023.

“Saya masih ingat, setahun lalu diberi Gurit Lima Papat oleh Pak Tanto dan selalu saya baca. Nah sekarang saya diberi Gurit Lima-lima,  ini sungguh karya yang sangat menarik, karena penulis geguritan tak sebanyak penulis puisi. Luar biasa, apa yang dia lakukan termasuk suatu upaya turut melestarikan nilai-nilai tradisi dalam sebuah tulisan. Semoga Pak Tanto tetap konsisten selalu menulis geguritan di waktu mendatang,” harapnya.

Sutanto menambahkan, buku yang disampaikan kepada Wabup tersebut merupakan buku solo yang ke-19 terbit Juni 2023 lalu melalui Komunitas Yuk Menulis pimpinan Vitriya Mardiyati. Buku tersebut merupakan kumpulan 100 geguritan (puisi berbahasa Jawa) sebagai upaya turut melestarikan budaya Jawa khususnya sastra tulis. Judul Gurit Lima Papat dipilih untuk pengingat usianya yang telah memasuki usia 55 tahun 2023.

BACA JUGA:

“Di buku ini saya berkreasi dengan membuat pola yang seragam, bait pertama terdiri 5 baris dan bait kedua 5 baris. Untuk bahasa yang digunakan, penulis memilih jawa ngoko maupun krama dengan harapan bisa diterima kalangan muda maupun tua. Saya berupaya menangkap fenomena yang terjadi di masyarakat tentang berbagai hal tidak dibatasi tema tertentu, sehingga isi geguritan cukup variatif,” kata Sutanto. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *