Wakil Ketua Kadin DIY Wawan Harmawan: Penanganan Sampah Harus Melibatkan Swasta

beritabernas.com – Penanganan masalah sampah di Kota Yogyakarta harus melibatkan pihak swasta. Sebab, bila hanya mengandalkan pemerintah daerah sendiri dengan anggaran dari APBD tidak akan mampu mengatasi masalah sampah seperti yang terjadi saat ini.

“Banyak pengusaha yang mau menangani atau mengelola sampah di Kota Yogyakarta. Namun, selama ini mereka tidak dilibatkan. Akibatnya, masalah sampah di Jogja sampai saat belum ditangani dengan baik bahkan tak bisa diatasi,” kata Wawan Harwawan, Wakil Ketua Kadin DIY, kepada wartawan di Alra Corner Jalan Surami Mantrijeron, Kota Yogyakarta pada Jumat 27 Juni 2024 petang.

Wawan Harmawan (kanan) duduk bersama anak muda peserta “Mimbar Jogja #01”,Jumat 27 Juni 2024. Foto: Y Sri Susilo

Menurut Wawan Harmawan, penanganan sampah di Kota Yogyakarta tak bisa diatasi hanya mengandalkan kemampuan pemerintah dengan anggaran biaya dari APBD. Buktinya, sampai saat ini masalah sampah belum bisa diatasi. Bahkan etalase Jogja sebagai kota pariwisata malah dipenuhi sampah.

Karena itu, menurut Wawan Harmawan yang akan maju sebagai bakal calon (balon) Walikota Yogyakarta dalam pilkada serentak pada November 2024, penanganan sampah harus melibatkan pihak swasta dengan membentuk BUMD.

BACA JUGA:

Dengan adanya BUMD yang menangani masalah sampah, menurut Wawan Harmawan, selain masalah sampah bisa diatasi, juga ada pemasukan bagi Pemkot Yogyakarta untuk menambah PAD (Pendapatan Asli Daerah).

Sebagai Wakil Ketua Kadin DIY, Wawan Harmawan mengaku banyak pengusaha yang berminat menangani masalah sampah di Kota Yogyakarta. Tidak hanya pengusaha yang ada di Jogja tapi juga pengusaha yang ada di Jakarta yang berasal dari Jogja.

Wawan Harmawan (kanan) bersama Dodo Jogja. Foto: Y Sri Susilo

“Mereka tetap peduli dengan daerah asalnya, termasuk ingin mengatasi masalah sampah. Saya akan berusaha merangkul dan melibatkan mereka nanti dipercaya masyarakat menjadi Walikota Yogyakarta,” kata Wawan Harmawan kepada beritabernas.com sesaat sebelum mengikuti acara “Mimbar Jogja #01” yang diadakan oleh Komunitas “Muda Menyala” di Alra Corner Mantrijeron, Kota Yogyakarta pada Jumat petang.

Wawan Harmawan mengaku sebagai pengusaha sangat prihatin melihat sampah di Kota Yogyakarta yang berserakan. Padahal sebagai kota pariwisata, Kota Yogyakarta harus bersih, asri dan nyaman bagi wisatawan.

Karena itu, penanganan masalah sampah akan menjadi salah satu program utama bagi Wawan bila nanti dipercaya masyarakat menjadi Walikota Yogyakarta. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *