Wisata Goa Pindul di Gunung Kidul Bergairah Lagi

beritabernas.com – Salah satu pesona wisata di Gunung Kidul, DIY adalah Goa Pindul di Desa Karangmojo. Goa dengan daya tarik khas yang di tempat lain tidak ada, yakni stalaktit dan stalakmit yang eksotis dan masih hidup. Selain itu, lubang di atas goa yang memancarkan terang dari langit. Akhir-akhir ini, saat pandemi nyaris usai, Gua Pindul pun bergairah lagi.

Seorang operator wisata Goa Pindul Gunung Kidul Eko Prasetyo mengungkapkan rasa senang wisatawan mulai berdatangan lagi. Suasana di area perbukitan karst itu meriah lagi, khususnya pada akhir pekan dan hari libur.

“Alhamdulilah, Goa Pindul Gunung Kidul beranjak pulih. Masyarakat pun antusias berharap wisata alam Goa Pindul segera ramai kembali. Tentu ini akan mengangkat desa wisata di Karangmojo ini,” ungkap operator wisata yang akrab disapa Eko ini.

Pesona di dalam Goa. Dengan ban sebagai pelampung pengunjung menyusuri kedalaman goa. Foto: Istimewa

Pada akhir pekan kemarin Eko melayani beberapa grup dan perorangan. Grup biasanya menggunakan bus besar, sedangkan perorangan naik mobil pribadi. “Berapapun grup dan perorangan yang datang saya layani sebaik-baiknya,” tambahnya.

Eko mengaku kondisi wisata di Goa Pindul belum sepenuhnya pulih. Artinya, kata Eko, belum seramai seperti sebelum Pandemi Covid 19. Sebelum pandemi, menurut Eko, wisatawan dari berbagai daerah tak berhenti mengunjungi Goa Pindul. “Wisatawan yang berkunjung ke Gunung Kidul, pasti ke Goa Pindul,” ujar Eko yakin.

Grup dari Jakarta berfoto di depan mulut Goa Pindul sebelum bertualang ke dalam goa. Foto: Istimewa

Walaupun belum pulih benar, Eko merasa optomis tidak lama lagi akan ramai. “Yah, kita tidak boleh berputus asa. Sebisa mungkin kita promosikan dan berupaya meningkatkan pelayanan kepada pengunjung,” tegasnya.

Eko Prasetyo bersama biro perjalanan dari Depok optimis wisata segera pulih. Foto: Istimewa

Ada 12 operator wisata Goa Pindul. Menurut Eko, semua melayani dengan profesional. Masing-masing operator mempunyai pemandu dan siap melayani pengunjung. Eko sendiri mengelola beberapa jenis wisata, yaitu wisata Goa Pindul, body rafting Sungai Oyo, Goa Tanding, outbound, dan offroad Goa Pindul. (AS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *