30 Tahun Berkiprah di Pramuka, Sutanto Mendapat Lencana Pancawarsa VI

beritabernas.com – Guru MTsN 3 Bantul yang juga Andalan Cabang Kwarcab Bantul Drs Sutanto mendapat tanda penghargaan Lencana Pancawarsa VI dari Kwartir Nasional atas peran aktifnya selama 30 tahun di Pramuka.

Penghargaan tersebut disampaikan Bupati Bantul Abdul Halim Muslih pada Apel Pramuka tingkat Kabupaten Bantul di Lapangan Trirenggo Bantul, Rabu 21 Agustus 2024, bersama dengan 10 orang lainnya.

Sekretaris Kwarcab Bantul Sudadi menjelaskan, pemberian penghargaan tersebut sesuai Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 175 tahun 2012 sebagai bentuk kesetiaan, kepatuhan, kerajinan, ketekunan, kesungguhan, keaktifan dan ketertiban anggota dewasa Gerakan Pramuka dalam menunaikan tugas kewajibannya selama lima tahun atau kelipatannya secara terus menerus.

“Setiap tahun bertepatan dengan peringatan hari pramuka, kita mengagendakan ada pemberian penghargaan bagi kakak-kakak yang aktif sebagai Pembina, Kamabigus, Kambiran, Kamabicab, Andalan, Pelatih. Kakak-kakak yang memenuhi syarat kita ajukan ke Kwarda, dan nantinya ada persetujuan dan terbit menjadi surat keputusan,” kata Sudadi.

BACA JUGA:

Sutanto mengaku bahagia mendapat penghargaan Lencana Pancawarsa VI sebagai apresiasi kiprahnya selama 30 tahun di Kwarcab Bantul.

Awalnya dia aktif di Gugus Depan Bantul 11 yang berpangkalan di SPGN Bantul sebagai pemangku adat. Pada periode 1984-1987 sebagai anggota DKC Bantul, 1987-1990 sebagai Bendahara DKC Bantul, 1990-1992 sebagai Ketua DKC Bantul.

Selanjutnya direkrut sebagai anggota andalan, bendahara kwarcab, dan mulai 2014 menjadi pelatih setelah mengikuti Kursus Pelatih Dasar tingkat Nasional di Balongbendo Sidoarjo  Jawa Timur. Mulai 1985 iaa sudah membina di sekolah tingkat SD, SMP, SMA, seperti SD Blantik, SMPN 2 Kretek, SMP YP Sanden, SMAN 2 Bantul, MAN Gandekan (MAN 1 Bantul), MTsN Pundong (MTsN 5 Bantul), MTsN 6 Kulon Progo, MTsN 3 Bantul.

“Pengalaman yang berkesan bagi saya adalah ketika berusia penegak di tahun 1987 menjadi peserta Raimuna Nasional di Cibubur. Dan ketika menjadi anggota dewasa saat ikut KPD Nasional di Sidoarjo Jawa Timur. Dari dua kegiatan nasional banyak mendapat pengalaman dan inspirasi dari anggota pramuka se Indonesia dengan berbagai karakter dan kelebihannya,” tuturnya.

Adapun penerima penghargaan pada apel pramuka tingkat Kwarcab Bantul selengkapnya adalah sebagai berikut,  Lencana Pancawarsa VI (30 tahun): Drs. Sutanto (MTsN 3 Bantul), Sugeng Purwantara (SDN Karen), Lencana Pancawarsa V (25 tahun): Sugeng Riyanto (SD Kanigoro Dlingo), Salimah (SD Keputren), Sarmuji (SMKN 1 Dlingo), Lencana Pancawarsa IV (20 tahun): Erwin Sundari (SDN 1 Jambidan), Lencana Pancawarsa III (15 tahun): Fuad Galuh Prihananto (Sedayu), Yudi Heriana Tantri (SDN Puluhan Argomulyo), Lencana Pancawarsa II (10 tahun), Sri Suciati (Pembina), Sumardi (SD Karanggayam Pleret), Umi Baroroh (SD Ar Raihan Bantul. (*/lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *