Kwartir Ranting Depok Gelar Orientasi Mabigus

beritabernas.com – Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Depok bekerjasama dengan K3S Depok mengadakan kursus orientasi bagi Ketua Majelis Pembimbing Gugus (Mabigus) Depan se-Kapanewon Depok, Sleman di SD Global Islamic School, pada Kamis 22 Agustus 2024.

Kegiatan kursus orientasi ini diikuti oleh para kepala sekolah SD, SMP, SMA dan SMK sederajat yang pada kesempatan ini selaku Majelis Pembimbing Gugus (Mabigus) Depan di bawah Kwartir Ranting Depok yang terdiri dari 54 SD/MI, 10 SMP/MTs, 9 SMA/SMK/MA.

Pada kesempatan ini hadir juga Aini Husna MPd, Kepala Sekolah SD Islamic School, dan Dra Rahayu Setyaningsih MPd selaku Pengawas SD Kapanewon Depok, Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. 

Edy Widaryana menyampaikan materi tentang kebijakan Gerakan Pramuka. Foto: Istimewa

Kursus orientasi bagi KaMabigus diisi oleh Murdiwiyono MPd selaku Sekretaris Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sleman yang memberikan materi tentang peran, tugas dan fungsi Majelis Pembimbing Gugus Depan dalam Gerakan Pramuka, narasumber ke 2 adalah Agus Margunaji SPd MIP selaku Kapusdiklatcab Gerakan Pramuka Sleman yang memberikan materi tentang PDK MK dan Gugus Depan Berprestasi dan nara sumber yang ke 3 adalah Drs Ery Widaryana MM selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sleman yang memberikan materi tentang kebijakan Gerakan Pramuka. 

BACA JUGA:

Drs Ery Widaryana MM mengutarakan bahwa Gerakan Pramuka adalah satu-satunya eEktrakurikuler yang ada di lingkup pendidikan yang perannya sangat besar dan nyata dalam perubahan karakter generasi muda Indonesia. Sehingga dalam kebijakan Dikpora ataupun Dinas pendidikan di wilayah DIY tetap mewajibkan Pendidikan Kepramukaan di tingkat Gugus Depan yang berpangkalan di sekolah. 

Kepala sekolah bersama KaKwarcab, KaKwarran dan Andalan foto bersama. Foto: Istimewa

Untuk mendukung kegiatan peserta didik di Gugus Depan diperbolehkan menarik iuran anggota Pramuka sesuai aturan dan dikelola oleh Gugus depan untuk kegiatan peserta didik dan Kwartir. Dengan program satu gugus depan satu Pramuka garuda hendaknya KaMabigus dapat benar-benar mewujudnyatakan, baik dengan mendukung proses latihan, kegiatan di tingkat gugus depan maupun Kwartir. 

Sehingga ke depan remaja, pemuda sebagai generasi penerus memiliki karakter yang Pancasilais, berbudaya, sebagai mana Pramuka Istimewa. (agung budi putranto)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *