Warga RW 06 Ponggalan Angkat Potensi UKM Lewat Peringatan HUT Kemerdekaan RI

beritabernas.com – Warga RW 06 Ponggalan, Karangmiri, Giwangan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta mengadakan beberapa kegiatan untuk merayakan HUT ke-79 Kemerdekaan RI. Kegiatan tersebut antara lain jalan sehat, berbagai lomba, bazar UMKM, pentas seni dan tasyakuran.

Bazar UMK yang dilaksanakan hari Sabtu 31 Agustus 2024 menampilkan produk kuliner (makanan/ minuman) serta produk kerajinan, yang diikuti 25 peserta yang mayoritas warga setempat. Bazar merupakan salah satu upaya untuk mengangkat potensi UKM di wilayah tersebut.

“Kami mencoba mengangkat potensi usaha mikro kecil di wilayah kami antara lain lewat bazar sebagai rangkaian kegiatan memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan RI. Potensi UMK di wilayah RW 06 Ponggalan harus didorong untuk tumbuh dan berkembang. Kegiatan pameran ini merupakan salah satu upaya untuk memberdayakan UMK di wilayah kami,” kata Hedi Pandowo SE M.Kom, Ketua Panitia HUT ke-79 Kemerdekaan RI RW 06 Ponggalan.

Pameran produk UKM diRW 06 Ponggalan, Giwangang, Umbulharjo. Foto: Istimewa

Sementara H Nurwahyudi Utomo, Ketua RW 06, mengatakan, pemberdayaan usaha mikro dan kecil di antaranya dengan cara membeli produk UKM. Sebab, selama ini pelaku UMK sering mengalami kendala dalam pemasaran dan penjualan. Karena itu tetangga dan warga sekitar dapat nglarisi produk UKM dengan membeli produk UMK di arena bazar.

Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di RW 06 Ponggalan juga diselenggarakan acara tasyakuran dan pentas seni. Kegiatan tersebut berdampak positif untuk UMK, seperti usaha persewaan sound system, tenda, kursi serta makanan kecil. Permintaan terhadap produk bendera dan umbul-umbul juga meningkat. Jenis usaha tersebut pada umumnya dilakukan oleh UMK.

“Kami panitia menyediakan sejumlah hadiah dan doorprize bagi masyarakat yang mengikuti lomba. Hadiah tersebut berupa sepeda, TV, kompor gas, kipas angin, setrika dan produk lainnya,” kata H Tri Juni, salah satu panitia HUT ke-79 Kemerdekaan RI di RW 03 Ponggalan, Karangmiri, Giwangan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Semua pihak sepakat bahwa Usaha Mikro dan Kecil (UMK) harus didorong agar dapat tumbuh, berkembang dan naik kelas. UMK sebagai unit usaha dapat maju dan berkembang dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal.

BACA JUGA:

Faktor internal adalah faktor yang ada dalam UMK sendiri, seperti kemauan untuk belajar dan kemampuan finansial, sumber daya manusia serta faktor manajemen lainnya. Selanjutnya untuk faktor internal merupakan variabel dari luar UMK namun berpengaruh terhadap perkembangan UMK. Faktor eksternal tersebut misalnya kondisi perekonomian, kebijakan pemerintah, persaingan usaha dan sebagainya.

Faktor eksternal lain yang penting adalah kontribusi pemangku kepentingan dalam mendorong pertumbuhan dan perkembangan UMK. Salah satu pemangku kepentingan termaksud adalah komunitas masyarakat di sekitar tempat UMK berusaha.

Sepanjang bulan Agustus tahun ini, masyarakat memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan RI. Banyak acara dibuat masyarakat untuk merayakan hari kemerdekaan tersebut. Salah satu kegiatan adalah bazar atau pameran UMK di lingkungan kampung, desa, kantor, kelurahan, kecamatan dan bahkan di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *