46 Tim SMA/SMK/MA Ikuti UII-Business and Accounting Competition di Bengkulu

beritabernas.com – Untuk memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi siswa/i agar lebih mudah memahami proses bisnis dan akuntansi di era modern, Jurusan Akuntansi, Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) UII mengadakan UII-Business and Accounting Competition (UII-BAC) 2024 di Bengkulu, 19 Oktober 2024.

UII-Business and Accounting Competition(UII-BAC) ini merupakan kompetisi simulasi bisnis digital bagi siswa/i SMA/SMK/MA yang kali ini diikuti 46 tim dari SMA/SMK/MA yang berada di Provinsi Bengkulu.

Menurut Dekar Urumsah PhD, Ketua Jurusan Akuntansi FBE UII, dalam rilis yang diterima beritabernas.com, Sabtu 19 Oktober 2024, kompetisi kali ini dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama berupa babak semifinal yang dilaksanakan secara daring pada Minggu Oktober 2024 dan tahap kedua berupa babak final yang diadakan secara luring di SMA N 5 Kota Bengkulu, pada Sabtu 19 Oktober 2024, dengan melibatkan 10 tim terbaik. 

“Kompetisi ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi siswa/i agar lebih mudah memahami proses bisnis dan akuntansi di era modern ini. Dengan penyelenggaran UII-BAC ini diharapkan dapat menjadi wadah silaturahmi Jurusan Akuntansi UII dengan SMA/SMK/MA di Provinsi Bengkulu,” kata Dekar Urumsh.

Tim juara UII-BAC 2024 foto bersama Dekan dan Dsen FBE UII. Foto: Dok Humas UII

Ia pun berterima kasih kepada segenap sponsor yang telah mendukung terselenggaraan UII-BAC 2024 ini, antara lain Bank Mandiri, Bank Syariah Indonesia, Bank Bengkulu, Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu, Hotel Wilo, UII Net, Bank BPD DIY Syariah, SMA N 5 Bengkulu dan MonsoonSIM. 

Sebagai bagian dari rangkaian UII-BAC, Jurusan Akuntansi UII juga menyelenggarakan Seminar bagi Guru dan Siswa yang bertajuk Analitika Data Akuntansi dan Kondisi Aktual Perpajakan di Indonesia. Seminar ini juga menjadi wadah sharing session bagi 2 Program Studi di bawah naungan Jurusan Akuntansi UII yaitu Prodi Sarjana Akuntansi (Bisnis dan Teknologi) dan Prodi Sarjana Terapan Akuntansi Perpajakan. Seminar dibuka oleh Rainer Atu SE MM, Kabid Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu.

Kemampuan analitika data

Sementara Prof Rifqi Muhammad PhD, Ketua Prodi Sarjana Akuntansi (Bisnis dan Teknologi) UII sekaligus sebagai pembicara menekankan pentingnya kemampuan analitika data bagi calon akuntan agar dapat bersaing di dunia kerja, khususnya pada bidang akuntansi dan keuangan.

BACA JUGA:

“Prodi S1 Akuntansi UII menyediakan berbagai program bagi mahasiswa untuk dapat mengasah keahlian analitika data dan akuntansi dengan berbagai piranti lunak seperti SAP, Tableau, ERPSim, MoonsoonSIM dan sebagainya,” kata Prof Rifqi.

Pada kesempatan yang sama, Marfuah MSi selaku Ketua Prodi Sarjana Terpan Akuntansi Perpajakan FBE UII menyampaikan perkembangan perpajakan di Indonesia dan peluang kerja di bidang perpajakan serta akuntansi. 

Seminar yang berlangsung sekitar 2 jam tersebut ditutup dengan pengumuman pemenang UII-BAC 2024. Kompetisi tersebut dimenangkan oleh Tim Cyber 2 dari  SMA N 2 Kota Bengkulu sebagai Juara 1; Tim Oly Corp dari SMAIT Iqra Kota Bengkulu sebagai Juara 2 dan Tim Ten Go dari SMA N 10 Kota Bengkulu sebagai Juara 3. (*/lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *