Jogja Tuan Rumah Pesparawi XIII pada 19-26 Juni 2022

beritabernas.com – Jogja menjadi tuan rumah Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) tingkat nasional XIII yang akan digelar selama satu minggu mulai 19 Juni hingg 26 Juni 2022. Untuk itu, Pemda DIY terus gencar merampungkan semua persiapan yang diperlukan, termasuk melakukan sosialisasi kegiatan kepada masyarakat.

Ketua Harian Pesparawi Nasional XIII yang juga Sekretaris Daerah DIY Drs Raden Kadarmanta Baskara Aji dalam konferensi pers peresmian logo dan tema Pesparawi Nasional XIII, Kamis 21 April 2022, mengatakan, Pemda DIY mengapresiasi dan berterima kasih atas kepercayaan Menteri Agama yang telah menunjuk Yogyakarta sebagai tuan rumah Pesparwi Nasional XIII.

Atas kepercayaan itu, Pemda DIY kini mempersiapkan segala hal dan dukungan, agar Pesparawi Nasional XIII berjalan dengan baik dan sukses. Menurut Baskara Aji, Pesparawi Aji Nasional XIII menjadi momentum untuk menunjukkan kepada seluruh masyarakat Indonesia bahkan dunia bahwa Yogyakarta adalah kota yang menjunjung toleransi dan keberagaman.

Sebagai tuan rumah, pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak terkait agar semua persiapan yang dibutuhkan dalam menyelenggarakan acara nasional ini berjalan lancar dan dapat diselesaikan tepat waktu.

Ketua Harian Panitia Pesparawi Nasional XIII yang juga Sekretaris Daerah DIY, Drs. Raden Kadarmanta Baskara Aji saat memberikan sambutan di acara peluncuran logo, maskot, tema dan lagu tema Pesparawi Nasional XIII di Yogyakarta (21/4/2022). Foto: Istimewa

Menurut Baskara Aji, Pesparawi Nasional XIII akan menjadi salah satu tolak ukur penyelenggaraan acara nasional di masa pandemi. Karena itu panitia akan memastikan seluruh rangkaian kegiatan Pesparawi Nasional XIII selalu memperhatikan protokol kesehatan.

Acara nasional yang akan dihadiri oleh ribuan peserta dari 34 provinsi tersebut menjadi ajang untuk lebih memperkenalkan pariwisata, kebudayaan dan ragam kuliner Yogyakarta yang tentunya akan berdampak positif terhadap upaya pemulihan ekonomi di wilayah DIY pasca pandemi.

Mengusung tema Harmoni dalam Keragaman atau Harmony in Diversity, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen, Kementerian Agama RI, Dr Pontus Sitorus S.PAK., M.Si mengatakan, Pesparawi bertujuan untuk memupuk tali persaudaraan, rasa kebersamaan dan ungkapan kesetiaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta cerminan kebersamaan dan kesatuan umat Kristen di Indonesia pada umumnya.

“Sesuai dengan tema Pesparawi Nasional XIII, acara ini juga diharapkan dapat menjadi sarana untuk menjadi penguatan toleransi antar umat beragama di Indonesia yang majemuk ini,” katanya.

Menurut rencana, Pesparawi Nasional XIII di Yogyakarta akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo pada 20 Juni 2022. Sebagai implementasi penerapan protokol kesehatan, panitia akan menyiapkan beberapa lokasi di wilayah DIY sebagai pusat lomba.

Pesparawi Nasional XIII akan mempertandingkan 12 kategori lomba yang terdiri dari Lomba Paduan Suara Dewasa Campuran, Paduan Suara Wanita, Paduan Suara Pria, Paduan Suara Remaja Putra/i, Paduan Suara Anak (usia 7-13 tahun), Vocal Group Remaja Putra/I, Solo Remaja Putra, Solo Remaja Putri, Solo Anak (usia 7-9 tahun), Solo Anak (usia 10-13 tahun), Musik Pop Grejawi (MPG) dan Musik Gerejawi Nusantara (MGN). (lip)



There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *