ASYB Menjaring Nama-nama Bakal Calon Walikota Yogyakarta

beritabernas.com – Alumni SMA Yogakarta Bersatu (ASYB) ikut menjaring nama bakal calon (balon) kepala daerah, termasuk Walikota Yogyakarta, yang akan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada November 2024.

Langkah yang dilakukan ASYB DIY ini untuk menindaklanjuti permintaan warga Yogyakarta tentang perlunya secara mandiri dan cair serta membantu mengadakan penjaringan nama-nama balon kepala daerah, termasuk balon Walikota Yogyakarta, menjelang Pilkada serentak di DIY pada bulan November 2024.

Untuk itu, ASYB sebagai organ taktis dengan simpul jaringan Alumni SMA DIY mencoba memfasilitasi penjaringan Leg 1.Penjaringan leg 1 dimulai 3 Mei hingga 13 Mei 2024 dengan mengisi LINK Google Form Penjaringan LEG I :* https://forms.gle/wGBpsux2YZJnpotWA.

Anggota ASYB dalam acara 9 Maret 2019. Foto: Dok ASYB

Ketua Umum ASYB Nana Je Justina mengajak semua anggota dan pengurus ASYB maupun warga DIY untuk ikut aktif dalam penjaringan nama balon kepala daerah tersebut dengan mengisi link form seperti yang tercantum di atas.

BACA JUGA:

Menurut Nana Je, untuk penjaringan nama-nama balon Walikota Yogyakarta, Leg 1 dibuka mulai 3 Mei hingga 13 Mei 2024. Hasil penjaringan akan disajikan paling lambat 20 Mei 2024. Kemudian, mulai 21 sampai dengan 27 Mei 2024 dilakukan Leg II poling terbuka untuk nama-nama dengan pemilih terbanyak dari hasil Leg I.

“Pada akhir Mei 2024 hasil penjaringan Leg I dan hasil Leg II Poling diserahkan ke lembaga pendidikan yang berjejaring dengan ASYB. Mengenai penjelasan detail silahkan cek website ASYB,” kata Nana Je kepada beritabernas.com, pekan lalu.

Menurut Nana Je Justina, dalam penjaringan Leg 1 warga bisa mengusulkan lebih dari 1 nama. Kemudian, pada Leg 2 baru akan disajikan opsi nama (multiple choices) berdasar nama-nama yang terbanyak dipilih atau dikemukakan di Leg 1.

Dengan penjaringan yang sangat cair ini diharapkan orang-orang yang dipilih tahu, mau dan mampu, memiliki visi dan misi baik terhadap pengelolaan Kota Yogyakarta, observant, menguasai persoalan dan terutama sudah memiliki kontribusi solusi nyata akan muncul dan dapat dilihat publik.

Anggota ASYB dalam acara 9 Maret 2019. Foto: Dok ASYB

Dengan demikian, figur balon Walikota Yogyakarta beragam baik yang diusung partai politik maupun independen.

Ia pun berharap partisipasi dari seluruh warga DIY, khususnya Kota Yogyakarta, dalam penjairan balon kepala daerah tersebut agar bisa mendapatkan nama-nama bakal calon yang memiliki kapasitas dan kapabilitas yang mumpuni.

Organisasi ASYB sendiri dipimpin Nana Je Justina selaku Ketua Umum dan P Eko Nugroho sebagai Sekjen. Sementara Penasihat Program Penjaringan Balon kepala daerah adalah Prof Dr Zuly Qodir M.Ag selaku Anggota Dewan Pakar ASYB.

Program penjaringan balon kepala daerah tersebut diketahui oleh Ketua Dewan Penasihat ASYB Achmad Charris Zubair, Ketua Dewan Pengawas Hillarius Ngaji Mero danKetua Dewan Pakar J Kristiadi. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *