Belanja di Give Back Sale, Saling Berbagi dan Melindungi Sesama Perempuan

beritabernas.com – Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa), sebuah Organisasi Sumber Daya Masyarakat Sipil (OSMS) menggelaar Give Back Sale (GBS), suatu kegiatan penggalangan dana publik untuk program pundi perempuan. Acara GBS berlangsung selama tiga hari, 6-8 Juli 2023, di Cikini Nomor 43 Menteng Jakarta Pusat.

Sejak tahun 2003, Pundi Perempuan secara rutin menyalurkan dana yang diperoleh setiap tahun kepada lembaga pengada layanan Women’s Crisis Centers (WCC). Berdasarkan catatan tahunan Komnas Perempuan tahun 2022 dan 2023, tercatat lebih dari 400.000 kasus kekerasan berbasis gender. 

Suasana Give Back Sale (GBS) di Cikini Nomor 43 Menteng Jakarta Pusat, Kamis 6 Juli 2023. Foto: Istimewa

Tingginya angka korban kekerasan tersebut menambah juga kebutuhan lembaga pengada layanan atau Women’s Crisis Centers (WCC) dalam melayani perempuan korban kekerasan. Dalam rangka upaya meringankan beban proses pendampingan hukum maupun pemulihan psikososial dan secara psikologis perempuan korban merasa dikuatkan. 

BACA JUGA:

Oleh karena itu, IKa dan Komnas Perempuan melaksanakan kembali GBS sebagai event tahunan penggalanan dana publik. Salah seorang pendukung Pundi Perempuan Sekar Pireno KS dalam rilis yang diterima beritabernas.com, Kamis 6 Juli 2023, menyatakan penggalangan dana publik melalui GBS merupakan salah satu cara untuk terus menyuarakan keadilan bagi perempuan yang terdampak kasus kekerasan berbasis gender.

Kegiatan ini perlu didukung oleh seluruh lapisan masyarakat. Dia menambahkan, event Give Back Sale menjadi salah satu strategi penggalangan sumber daya publik, tidak hanya dari segi dana, tetapi juga secara tidak langsung berkontribusi pada lingkungan hidup dengan cara menggunakan kembali barang-barang kesayangan yang sudah tidak terpakai (preloved), tidak perlu beli baru.

Give Back Sale, suatu kegiatan penggalangan dana publik untuk program pundi perempuan. Acara GBS berlangsung selama tiga hari, 6-8 Juli 2023. Foto: Istimewa

Setiap tahun GBS dilaksanakan dua kali. Donatur barang berasal dari berbagai lapisan masyarakat yang ingin berdonasi kepada Pundi Perempuan melalui barang. Pembelinya pun datang dari berbagai komponen masyarakat mulai dari pelajar, mahasiswa, umum, karyawan dan lain-lain yang menyadari bahwa dengan berbelanja mereka telah mendukung Pundi Perempuan. 

“Yuk belanja barang-barang preloved yang bernilai tinggi dengan kuratorial yang profesional di bidangnya,” ajak Sekar Pireno KS. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *