Daftar Penerima Bansos Cukup Instal Aplikasi Cek Bansos Kementerian Sosial

beritabernas.com – Untuk mendaftar sebagai calon penerima bansos (bantuan sosial) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI kini sangat mudah. Cukup menginstal aplikasis Cek Bansos di playsoter Anda sudah bisa mendaftar dengan mengisi data-data pribadi.

Data yang diisi dalam aplikasi Cek Bansos tersebut ada Nomor KK, NIK, nama lengkap, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kalurahan/desa, alamat RT/RW dan nomor ponsel. Selain untuk mendaftar menjadi calon penerima bansos, di aplikasi ini juga kita bisa mengadu bila menemukan penerima bansos yang salah sasaran.

Data yang diisi untuk mendaftar di plikasi Cek Bansos. Foto: IG@kemensosri

Di aplikasi ini, melalui fitur “Usul”, kita bisa mengusulkan data untuk bisa mendapatkan bantuan sosial (bansos). Tak hanya itu, jika Anda menemukan penerima manfaat yang tak berhak menerima bantuan sosial, bisa melaporkannya melalui fitur “Sanggah”.

https://www.instagram.com/kemensosri/

Dikutip beritabernas.com dari akun instagram Kementerian Sosial (Kemensos) RI, disebutkan bahwa menu “Usul” dan “Sanggah” dalam Aplikasi Cek Bansos merupakan terobosan dari permasalahan data selama ini, yakni adanya orang yang berhak mendapatkan bantuan tapi tidak dapat (exclusion error), sementara ada yang tidak berhak tapi justru mendapatkan bantuan sosial (inclusion error).

“Dengan adanya menu ini, masyarakat bisa mendaftarkan atau menyanggah diri sendiri, keluarga atau orang lain yang berhak dan tidak berhak mendapatkan bansos sesuai dengan wilayah masing-masing,” demikian Kemensos RI. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *