Didukung Sejumlah Pejabat, Festival Literasi Bantul Siap Digelar

beritabernas.com – Sejumlah pejabat penting di Kabupaten Bantul menyatakan siap mendukung Festival Literasi Bantul yang digagas Tim Literasi Matsaga (TLM) MTsN 3 Bantul bekerjasama dengan Komunitas Yuk Menulis (KYM), November 2023 hingga Januari 2024.

Para pejabat yang mendukung Festival Literasi Bantul tersebut adalah Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih, Bunda Literasi Bantul Hj Emi Masruroh SPd, Kepala Disdikpora Bantul Drs Isdarmoko MPd MMPar, Kepala Kankemenag Bantul Ahmad Shidqi SPsi M.Eng dan Kepala Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Bantul Ismunardi SPd MM.

Flyer Festival Literasi 2023. Foto: Istimewa

Guru MTsN 3 Bantul Drs Sutanto selaku Ketua Penyelenggara Fastival Literasi Bantul menyatakan hal itu setelah menghubungi para tokoh. Wujud komitmen para tokoh adalah dengan membuat satu karya puisi bertemakan ibu yang akan dicetak menjadi buku antologi bersama dengan para peserta yang berasal dari TK/ RA, SD/MI, SMP/MI, SMA/SMK/MA se Kabupaten Bantul. Karya tersebut akan dilaunching 30 Januari 2024.

Menurut Sutanto dipilihnya komunitas pimpinan Vitriya Mardiyati tersebut karena sudah berpengalaman mengadakan even berskala nasional dan memiliki lebih dari 14 ribu anggota seluruh Indonesia.

Untuk mengikuti festival cukup simpel, masing-masing sekolah/madrasah mendaftarkan diri secara kolektif mulai 6 hingga 18 November 2023, pengiriman karya 19-30 November 2023. Sebelum dikirim, puisi harus sudah diedit secara mandiri oleh koordinator masing-masing sekolah/madrasah.

BACA JUGA:

“Festival ini bisa diikuti 25-50 orang setiap sekolah/madrasah dan setiap orang hanya boleh membuat 1 puisi. Dari keseluruhan peserta yang ikut harus ada guru 1-5 orang dan salah satunya bertugas sebagai koordinator. Puisi diketik dalam format word A4, font Times New Roman, spasi 1,5. Karya hanya terdiri 8-12 baris dan tidak boleh ada ujaran kebencian, SARA maupun pornografi,” kata Sutanto di kediamannya di Dusun Celep, Desa Srigading , Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Minggu 5 November 2023.

Tiga karya terbaik setiap jenjang akan mendapatkan trofi tetap dan piagam penghargaan, masing-masing utusan juga akan mendapatkan piagam sebagai sekolah/madrasah aktif literasi. 

Kepala MTsN 3 Bantul Sugeng Muhari SPd.Si MPd mengatakan, Festival Literasi merupakan bukti komitmen madrasahnya yang menjadikan kegiatan literasi sebagai salah satu unggulan. “Jika tahun lalu kita mengadakan pelatihan menulis, maka di HAB Madrasah tahun ini kita mengadakan Festifal Literasi, puncaknya adalah launching buku di puncak HAB kita,” kata Sugeng. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *