Diisi Menkopolhukam Mahfud MD, 4.544 Mahasiswa Baru UII Ikuti Kuliah Perdana

beritabernas.com – Sebanyak 4.544 mahasiswa baru UII mengikuti kuliah perdana di Auditorium Abdulhar Mudzakkir Kampus Terpadu UII, Rabu 9 Agustus 2023. Kuliah perdana dengan tema Gapai Mimpi, Ukir Prestasi ini diisi oleh Menkopolhukam RI Prof Dr Mahfud MD SH SU MIP.

Dalam kuliah perdana dengan materi Dasar-dasar Pengembangan Ilmu di UII dalam Kaitan dengan Kebangsaan, Mahfud MD mengatakan bahwa UII merupakan anak kandung Republik Indonesia yang didirikan oleh sejumlah tokoh pendiri bangsa dan diresmikan oleh Moh Hatta selaku ketua pendiri pada 8 Juli 1945.

Sesuai namanya UII, menurut Mahfud MD, universitas berarti keilmuan, Islam yakni keagamaan dan Indonesia adalah kebangsaan, maka mahasiswa yang belajar di UII memiliki ilmu dan iman yang kuat dalam kehidupan berbangsa.

Ribua mahasiswa baru UII ikuti kuliah perdana. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Dengan demikian, menurut Mahfud MD, selain memiliki ilmu mahasiswa UII juga harus beriman. Tidak cukup hanya beriman atau berilmu saja, tapi harus beriman dan beiman. Karena kalau hanya beriman saja bisa ditipu orang, sementara kalau hanya berilmu saja bisa menipu orang. Jadi harus beriman dan berilmu agar tidak mudah ditipu dan menipu.

Menurut Mahfud MD, ajaran agama dan ilmu diadopsi dalam UUD sehingga tidak ada dikotomi antara ilmu dan agama, keduanya terintegrasi. Orang beragama harus berilmu dan beragama. Karena hanya berilmu lalu lupa agama akan sombong dan sesat.

BACA JUGA:

Sementara Rektor UII Prof Fathul Wahid mengatakan, mahasiswa merupakan anak bangsa istimewa karena sampai hari ini baru sekitar sepertiga anak bangsa yang mempunyai kesempatan mengenyam bangku kuliah. Ini adalah sebuah nikmat yang harus disyukuri dengan ketekunan dalam belajar dan keteguhan dalam mengembangan diri. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *