Dosen UNY Puji Buku Kolaborasi Musik dan Sastra Karya Sutanto

beritabernas.com – Dosen Departemen Pendidikan Musik di Fakultas Bahasa Seni dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta Dr Ayu Niza Machfauzia M.Pd memuji buku Guru MTsN 3 Bantul Drs Sutanto yang ke-17 berjudul Pelantun Nada dalam Balutan Kata Bermakna.

”Dalam buku kumpulan 100 pantun ini, Pak Tanto mengkolaborasikan karya sastra berupa pantun dengan nama-nama penyanyi Indonesia. Ini sungguh menarik, karena mengajak pembaca mengenal para penyanyi sekaligus menikmati pantun,” puji Ayu usai menerima buku Sutanto di ruang kerjanya, Rabu 31 Mei 2023.

Menurut Ayu, diterbitkannya buku kumpulan pantun ini menunjukkan adanya kekawatiran penulis terhadap generasi milenial dan generasi “Z“ yang gandrung dengan gempitanya musik “K Pop“ asal negeri ginseng dan juga lebih menyukai musik- musik asal negeri antah berantah, sehingga mereka lebih dan hanya mengenal musisi-musisi asal negeri ginseng dan negeri antah berantah tersebut daripada musisi musisi dari negeri sendiri.

Dengan kelihaian dan kreativitas yang dimilikinya, penulis berhasil merangkai untaian huruf dan kata membuat pantun untuk mengintepretasikan akan cinta, kekaguman dan penghargaannya yang tinggi terhadap musisi-musisi tanah air yang legendaris tapi mulai dilupakan. Dengan mengapresiasi dan menginterpretasikan kekagumannya tersebut, melalui pantun-pantunnya penulis mampu menyampaikan pesan nilai-nilai pendidikan yang merupakan bekal dalam menapaki kehidupan yang semakin kompleks.

Patut diapresiasi produktivitas penulis yang berprofesi sebagai pendidik dan berlatar belakang Pendidikan Musik ini, merambah dan masuk dalam dunia sastra. Dengan produktivitasnya ini, nampaknya penulis dapat masuk dalam jajaran guru yang seniman.          

“Mewakili civitas akademika Departemen Pendidikan Musik FBSB UNY, saya merasa bangga, karena ada alumni Prodi Pendidikan Musik FBSB UNY telah menunjukkan kreativitasnya. Teruslah pupuk dan kembangkan kreativitasnya menyertai hingar bingarnya karya-karya seniman tanah air,” imbuh Ayu. 

Sutanto menambahkan, melalui Komunitas Yuk Menulis Pimpinan Vitriya Mardiyati yang diikutinya sejak 2020 lalu, sudah 19 buku solo dalam berbagai genre telah dibuat.  Untuk proses buku solonya yang ke-17 ini naskah buku berisi kumpulan pantun yang ditulis mulai 4 s.d 31 Januari 2023, masuk penerbit 5 Februari 2023, diedit dan layout menjadi cover,  16 Februari 2023 dan terbit Mei 2023.

“Alhamdulillah setelah sebulan naskah saya susun sebulan di Januari 2023, lanjut Februari masuk penerbit, proses edit, layout dan pembuatan cover selesai. Di bulan Mei buku sudah saya terima terbit,” terang Sutanto. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *