SMA Pangudi Luhur Yogyakarta Menjalin Kerjasama dengan Oxford Amerika

beritabernas.com – Guna meningkatkan kemampuan dan ketrampilan berbahasa Inggris bagi siswa dan guru, SMA Pangudi Luhur (PL) Yogyakarta bekerjasama dengan TeachCast Global with Oxford Amerika Serikat.

Penandatangan kerjasama (MoU) kedua pihak dilakukan di ruang baca SMA PL Yogyakarta, Rabu 31 Mei 2023.. Hadir dalam momentum tersebut The Founder & Director of TeachCast with Oxford Amerika Mr Brian Holiday, Deputy Area Manager PT Indomobil Edukasi Utama Detin Novitasari, Kepala SMA PL Yogyakarta Br Titus Totok Tri Nugroho FIC, Yayasan Pangudi Luhur Br Frans Sugi FIC serta jajaran guru, staf karyawan dan para siswa SMA PL Yogyakarta.

Mr Brian mengatakan keterampilan berbahasa Inggris, khususnya dalam percakapan, sangat penting dalam dunia kerja. “Banyak peluang pekerjaan di luar negeri yang menuntut kemampuan berbahasa Inggris, khususnya dalam percakapan. Maka kami punya harapan besar agar banyak generasi muda Indonesia terlatih berkomunikasi dalam bahasa asing. Sehingga bisa meraih peluang pekerjaan di luar negeri,” kata dia.

Waka Humas SMA PL Yogyakarta Anastasia Ratna Dwiyanti,S.Pd (kanan) dan guru Bahasa Inggris SMA PL Yogyakarta Teresia Eka Oktavianti,S.Pd (ketiga dari kiri) berfoto bersama tim _TeachCast Global with Oxford_ di depan sekolah setempat, Rabu (31/5/2023). Foto: AG.Irawan/beritabernas com

Metode belajar digunakan nantinya secara online dan offline. “Sejumlah pengajar dari luar negeri yang sebelumnya mengajar secara online, akan kita datangkan ke sekolah ini untuk bertemu dan berbincang langsung dengan para murid,” lanjut Mr Brian yang sesekali menyapa dengan bahasa Jawa.

BACA JUGA:

Hal senada disampaikan Detin Novitasari. Pihaknya terus mendukung tumbuhnya keterampilan berbincang dalam bahasa Inggris bagi generasi muda Indonesia, khususnya kalangan pelajar. “Kami dari Indomobil akan memberikan sejumlah sarana pendukung untuk melatih dan mendampingi para siswa. Mulai layanan internet dan alat-alat pendukung pembelajaran jarak jauh,” terangnya.

Guru Bahasa Inggris SMA PL Yogyakarta Teresia Eka Oktavianti S.Pd merasa bangga sekolahnya dipilih TeachCast Global with Oxford Amerika untuk peningkatan kemampuan berbahasa Inggris. “Ini berawal saat kami mencari tahu apa sih program TeachCast ini. Lalu kami terus mencoba berkomunikasi dan akhirnya kita lakukan kerjasama,” ungkapnya.

SMA Pangudi Luhur Yogyakarta dan TeachCast Global with Oxford Amerika melakukan penandatangan kerjasama peningkatan berbahasa Inggris, Rabu (31/5/2023). Foto: Istimewa

Kebanyakan orang Indonesia nilai toefl bahasa Inggrisnya bagus. Dan tinggi-tinggi. Tapi, ketika diminta untuk bicara dalam bahasa Inggris tidak lancar.

“Nah dari sinilah kami ingin membekali siswa-siswi kami kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris. Dan langsung dapat pendampingan dari orang asing pula. Kami akan mulai dari kelas X akan berlangsung selama setahun. Apalagi sekolah kami berada di pusat Kota Yogyakarta, dimana mudah berjumpa dengan wisatawan asing. Ini bisa jadi tempat praktik para siswa dalam berbahasa asing khususnya bahasa Inggris,” terang Eka Oktavianti. (ag irawan)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *