Egidius Ronikung Terpilih sebagai Ketua Presidium PMKRI Cabang Yogyakarta

beritabernas.com – Egidius Ronikung secara aklamasi terpilih sebagai Mandataris Rapat Anggota Cabang (RUAC) atau Ketua Presidium Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik  Indonesia (PMKRI) Cabang Yogyakarta 2024-2025. Ia terpilih dalam rapat umum anggota cabang PMKRI St Thomas Aquinas yang berlangsung pada 8-10 April 2024.

Forum rapat umum anggota cabang PMKRI Yogyakarta merupakan forum tertinggi yang membahas terkait aturan dasar rumah tangga PMKRI dan forum evaluasi kinerja kerja DPC sebelumnya. Forum ini juga melaku pemilihan Ketua PMKRI Cabang Yogyakarta yang baru sebagai bentuk regenerasi kepemimpinan PMKRI.

Egidius Ronikung yang merupakan Mahasiswa FH UCY dalam rilis yang dikirim kepada beritabernas.com, Kamis 11 April 2024, mengatakan, dari berbagai dinamika yang dilalui dalam forum rapat umum anggota cabang PMKRI Yogyakarta tersebut, akhirnya ia terpilih sebagai mandataris rapat umum anggota cabang.

Setelah terpilih, Egidius Ronikung mengingatkan agar perlu merefleksikan kembali bahwa PMKRI merupakan organisasi gerakan yang didasari nilai-nilai kekatolikan. PMKRI juga merupakan organisasi kaderisasi sehingga perlu disadari bahwa ketika kaderisasi dilaksanakan secara masif dan tersistematis maka kader PMKRI harus memiliki daya kritis dan berdaya saing.

BACA JUGA:

Langkah yang perlu dilakukan adalah bagaimana komisariat-komisariat dihidupkan kembali sehingga proses pembinaan kader dilakukan melalui komisariat. Ketika komisariat dihidupkan kembali maka kaderisasi yang dilalui oleh setiap kader PMKRI dari komisariat menuju cabang merupakan bagian dari proses belajar sehingga setiap kader punya rasa memiliki terhadap perhimpunan ini.

Ketika kaderisasi dilakukan melalui komisariat maka ketika berbicara soal ketiga benang PMKRI sebagai pedoman dalam setiap dinamika PMKRI akan terwujud karena kader PMKRI sudah tuntas berproses panjang dalam hal kaderisasi.

“Yang penting adalah setiap kader PMKRI punya rasa memiliki PMKRI. Hal ini dilakukan dengan partisipasi aktif dalam setiap kegiatan sebagai bentuk aktualiasi tiga benang PMKRI yaitu Fraternitas, Kristianitas dan Intelektualitas,” kata Egidius.

Dengan demikian, kaderisasi yang sistematis dan ketiga benang PMKRI terrealisasi dengan baik maka terbentuknya karakter kader PMKRI untuk membedakan dengan mahasiswa lainnya. “Itu harapan besar sayadan mohon kepada setiap kader PMKRI agar tetap berkontribusi demi terealisasinya harapan maupun niat baiknya untuk PMKRI ke depan,” kata Egidius.

Ia pun berterima kasih kepada seluruh Steering Committee (SC), panitia, seluruh kader dan Komisariat yang telah berpartisipasi menyukseskan agenda ini. Ia juga menyampaikan terima kasih karena telah dipercaya sebagai mandataris rapat umum anggota cabang. Baginya, forum rapat umum anggota cabang bukan hanya pemilihan kepengurusan baru tetapi juga merupakan bagian dari proses pembelajaran.

“Kita berharap agar PMKRI Cabang Yogyakarta St Thomas  Aquinas tetap menjaga kebersamaan dan mampu merekonstruksi gerakan PMKRI Cabang Yogyakarta dan menyempurnakannya,” harap Egidius. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *