Mahasiswi Program Magister FTI UII Ungkap Pengalaman Mengikuti Study Exchange

beritabernas.com – Dua mahasiswa aktif Program Studi Informatika, Program Magister, FTI UII Adinda Meutia dan Isna Khoirunnisa, mengungkapkan pengalaman menyenangkan selama mengikuti study exchange di Program Magister Manajemen Sistem Informasi, University of South-Eastern Norway.

Kedua mahasiswi FTI UII ini mengikuti study exchange selama satu semester di Program Magister Manajemen Sistem Informasi, University of South-Eastern Norway pada 16 Januari 2023 sampai 23 Juni 2023. Mereka mendapatkan beasiswa/pendanaan dari Erasmus+ yang merupakan bagian dari kerja sama bilateral antara UII dan University of South-Eastern Norway. Beasiswa diperoleh setelah melalui rangkaian proses seleksi yang ketat.

“Meski sangat singkat hanya satu semester namun sungguh sangat menyenangkan. Banyak pengalaman menarik dan indah selama mengikuti program study exchange, di antaranya kedekatan dengan dosen. Tidak ada jarak antara mahasiswa dan dosen, sehingga membuat suasana kuliah yang begitu rileks tanpa sekat apapun,” kata Isna Khoirunnisa, salah satu mahasiswa aktif Program Studi Informatika, Program Magister FTI UII yang mengikuti study exchange dalam jumpa pers secara daring, Kamis 3 Agustus 2023.

Adinda Meutia, Mahasiswi Program Studi Informatika Program Magister FTI UII (kiri) Dr Ahmad Luthfi, S.Kom M.Kom (kanan). Foto: tangkapan layar zoom

Sementara Adinda Meutia yang mengikuti study exchange di University of South-Eastern Norway atau Universitetet i Sørøst-Norge (USN) di kota Hønefoss, Ringerike, mengatakan, hal yang paling menarik selama kuliah di sana karena jurusan Management Information System berada di bawah Fakultas Bussiness and IT, ia mendapat materi tentang Behavioural Economics.

“Hal ini menarik karena berbeda dengan ilmu informatika, namun ternyata dengan memahami teori perilaku ekonomi, kita dapat merancang sistem informasi yang sesuai dan dapat mempengaruhi perilaku manusia,” kata Adinda Meutia pada acara yang sama.

Sementara itu, proses pembelajaran sama dengan perkuliahan di Indonesia, ada pemaparan dari dosen, diskusi kelas, tugas kelompok, presentasi dan ujian dengan pengantar bahasa Inggris.

Di luar itu, menurut Adinda Meutia, yang paling menarik dil uar aktivitas kuliah adalah berburu melihat fenomena aurora di tengah suhu -10°C.

BACA JUGA:

Adinda Meutia pun berharap kepada agar mendapatkan kesempatan yang sama dengan mengikuti program pertukaran pelajar keluar negeri. “Untuk adik-adik kelas jangan ragu ambil kesempatan yang ada, ini akan jadi pengalaman yang berharga,” kata Adinda Meutia.

Sementara Isna Khoirunnisa yang baru semester dua dan mengikuti study echange di University of South-eastern Norway (USN), Ringerike, mengatakan, proses pembelajaran di USN adalah kombinasi kuliah dan praktik serta banyak mengaplikasikan kerja tim. Mahasiswa diharapkan aktif berpartisipasi dalam diskusi dan kerja tim. 

Hal yang paling menarik selama kuliah di sana, menurut Isna Khoirunnisa, pengalaman berinteraksi dengan beragam budaya dan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan akademik dan sosial yang berharga. Ia juga mengetahui pola pendidikan di sana. Dan explore alam Norwegia yang sangat indah tersebar di berbagai tempat. 

Menurut Isna Khoirunnisa, mereka tidak melakukan penelitian tetapi menjalani kuliah mengenai metodologi penelitian dan mendalami berbagai metode penelitian seperti kualitatif, kuantitatif dan design research secara lebih mendalam. 

Ia pun berpesan dan berharap pada adik-adik mahasiswa agar selalu semangat, perbanyak explore berbagai hal positif dan jangan melewatkan kesempatan yang datang. Manfaatkan waktu kuliah dengan sebaik mungkin untuk belajar dan berkembang serta jangan takut salah karena itu adalah bagian dari proses. “Selamat menempuh pendidikan dan berusaha mencapai impian,” ucap Isna Khoirunnisa.

Dr Ahmad Luthfi S.Kom M.Kom (kiri) dan Isna Khoirunnisa, Mahasiswi Program Studi Informatika Program Magister FTI UII. Foto: tangkapan layar zoom

Semetara Dr Ahmad Luthfi S.Kom M.Kom, Manajer Akademik Keilmuan Program Studi Informatika Program Magister FTI UII, mengaku bersyukur dua mua mahasiswa aktif Program Studi Informatika Program Magister berhasil mendapatkan beasiswa/pendanaan dari Erasmus+ setelah melalui rangkaian proses seleksi. 

Kedua mahasiswa tersebut mendapat kesempatan berharga mengikuti study exchange selama satu semester di Program Magister Manajemen Sistem Informasi, University of South-Eastern Norway pada 16 Januari 2023 sampai 23 Juni 2023. 

Beasiswa/ pendanaan yang didapat merupakan bagian dari kerja sama bilateral antara Universitas Islam Indonesia dan University of South-Eastern Norway. Ia berharap semakin banyak mahasiswa FTI UII mendapat kesempatan yang sama untuk menambah pengethuan dan pengalaman internasional. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *