FTSP UII Perkuat Kerja Sama dengan IFC dalam Mendesain Konsep Bangunan Hijau yang Efisien

beritabernas.com – FTSP UII menjalin kerja sama dengan International Finance Corporation (IFC) sebagai pengelola DfGE (Design for Greater Efficiency) untuk membuat disain dengan konsep bangunan hijau.

Penandatangan kerja sama dilakukan oleh Dekan FTSP UII Prof Dr-Ing Ir Ilya Fadjar Maharika MA IAI dan Farida Lasida Adji MBA selaku Regional Lead Program Green Building East Asia Pacific di Ruang IRC Kampus FTSP UII, Senin 4 Desember 2023. Acara dilanjutkan dengan workshop tentang Bangunan Hijau: Program Design for Greater Efficiency (DfGE) dengan narasumber Ir Jatmika Adi Suryabrata MSc PhD, Senior Advisor IFC dengan dua panelis Ir Ahmad Saifudin MT IAI AA dan Prof Dr Ir Sugini MT IAI GP, keduanya Dosen Jurusan Arsitektur, FTSP, UII.

Dalam workshop yang dipandu moderator A Robbi Maghzaya ST MSc yang juga Dosen Jurusan Arsitektur, FTSP, UII itu, Dekan FTSP UII Prof Ilya Fadjar Maharika mengatakan, rangkaian kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada civitas academica FTSP UII tentang bagaimana mendesain dengan konsep bangunan hijau DfGE (Design for Greater Efficiency).

Dekan FTSP Prof Ilya Fadjar Maharika (kanan) dan Farida Lasida Adji dari IFC memegang dokumen kerjasama. Foto: Philipus Jehamun/ beritabernas.com

Ia pun berterima kasih dengan IFC yang bekerja sama dengan FTSP dalam upaya mewujudkan konsep bangunan hijau seperti yang diharapkan bersama. Ia berharap workshop ini dapat memberikan pengetahuan, panduan kepada civitas academica, khususnya mahasiswa, profesional muda dan dosen, dalam membangun dan mengembangkan desain bangunan yang efisien dan hemat energi.

BACA JUGA:

Menurut Prof Ilya Fadjar Maharika, workshop ini membahas tentang beberapa hal yaitu mengapa bangunan hijau sangat penting bagi keberlanjutan dan upaya penyelamatan lingkungan. Selain itu, mengapa IFC membuat modul pembelajaran bangunan hijau dan) sekilas tentang DFGE dari perkembangan DfGE di Indonesia yang akan diajarkan dalam program DfGE.

Menurut Regional Lead Program Green Building East Asia Pasific Farida Lasida Adji, dalam kerjasama dengan FTSP UII maupun dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia, IFC memberikan lisensi dan pelatihan tentang aplikasi EDGE (platform online standard bangunan hijau) yang akan menjadi materi kuliah.

Dekan FTSP Prof Ilya Fadjar Maharika (kanan) dan Farida Lasida Adji dari IFC disaksikan Ir Jatmika (kiri) dan Prof Sugiri (kanan) saling menukar dokumen kerjasama. Foto: Philipus Jehamun/ beritabernas.com

Dikatakan, tujuan Program DfGE adalah untuk menjalin kerjasama dengan universitas guna pemberian modul pembelajaran tentang bangunan hijau yang fokus pada perancangan bangunan yang efisien dari segi penggunaan sumber daya dan dapat menurunkan emisi carbon dari sector bangunan gedung.

Selain itu, untuk melihat secara langsung dampak dari perancangan dengan menggunakan aplikasi EDGE kepada mahasiswa. Rangkaian program dalam DfGE melingkupi sosialisasi program, penandatanganan perjanjian dengan universitas, pemberian ToT kepada dosen unvierstias, pengajaran modul bahan ajar ke mahasiswa oleh pihak universitas dan pemberian sertifikat dari IFC kepada mahasiswa yang lulus. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *