Gumuk Pasir Parangtritis, Sangat Eksotis

beritabernas.com – Tak salah jika DIY mendapat predikat Daerah Istimewa. Bukan hanya kaya dengan budaya tradisi peninggalan nenek moyang tapi juga karena memiliki destinasi wisata yang istimewa tak terbantahkan. Mulai dari wisata alam pegunungan, candi, tempat-tempat bersejarah, namun juga wisata pantai yang membentang dari wilayah Kulon Progo, Bantul dan Gunungkidul.

Salah satu destinasi yang ada di Bantul yang sangat eksotis adalah Gumuk Pasir Parangtritis. Lokasinya strategis sehingga mudah dicari, bisa masuk melalui TPR Parangtritis maupun TPR Depok cukup dengan 15 ribu rupiah saja.

Keindahan Taman Gumuk Pasir Parangtritis. Foto: Dok pribadi

Selain sebagai destinasi wisata ternyata gumuk pasir memiliki fungsi sebagai peredam angin yang bertiup dengan kuat dari samudra, sehingga kekuatan angin dapat berkurang saat sampai di daratan. Dapat menjadi sarana untuk membangun permukiman atau lahan pertanian dibagian belakang gumuk pasir yang terbentuk. Gumuk pasir juga memberi manfaat sebagai penghalang jika terjadi Tsunami.

BACA JUGA:

Gumuk Pasir selalu ramai pengunjung utamanya di hari Sabtu, Minggu dan saat liburan. Mereka yang datang berkunjung tak hanya warga DIY namun banyak yang berasal dari luar kota bahkan dari manca negara dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Untuk lebih memanjakan pengunjung destinasi ini dilengkapi dengan Taman Gumuk Pasir yang berada di pinggir pantai dengan dukungan pohon cemara nan rindang. Pengunjung bisa menikmati indahnya pantai sembari menikmati es kelapa muda dan jajanan khas lainnya.

Taman Gumuk Pasir Parangtritis. Foto: Dok pribadi

Salah satu pengunjung dari Sanden, Sutanto mengaku senang dengan berbagai fasilitas pendukung yang ada di gumuk pasir. Selain wisata pantai dan gumuk pasir yang unik, ada juga tiruan Ka`bah yang sering digunakan untuk kegoatan manasik haji. 

“Jika malas berjalan kaki, sudah tersedia jeep jeep yang akan mengantarkan pengunjung menyusur pantai dan berkeliling. Jangan lupa mengabadikan gambar di tempat ini. Namun sebaiknya dilakukan di pagi hari, karena kalau sudah terkenar sinar matahari foto yang dihasilkan hasilnya kurang maksimal,” ujar Sutanto saat berselfi ria di Taman Gumuk Pasir, Sabtu 11 Mei 2024. (sutanto)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *