Guru Besar UAJY Kembangkan Sepatu Orthotik untuk Mereka yang Mengalami Kelainan Bentuk Kaki

beritabernas.com – Guru Besar Fakultas Tekni Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) Prof Dr Ir Paulus Wisnu Anggoro ST MT IPU berhasil mengembangkan sepatu Orthotik untuk mereka yang mengalami kelainan bentuk kaki.

Pidato pengukuhan Prof Dr Ir Paulus Wisnu Anggoro sebagai Guru Besar Fakultas Teknik UAJY dilakukan dalam Sidang Terbuka Senat Akademik Universitas (SAU) di Gedung Slamet Rijadi UAJY, Kamis 29 Pebruari 2024.

Dalam pidato pengukuhan yang dihadiri oleh jajaran rektorat, pengurus Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta, Sivitas Akademika, kerabat, Guru Besar tamu dari Universitas Diponegoro dan beberapa universitas terkemuka lainnya, Prof Paulus Wisnu mengungkapkan temuan penelitian dengan tema Aplikasi Teknologi Computer-Aided Reverse Engineering System dalam Hilirisasi Riset Pengembangan Sepatu Orthotik Custom untuk Pasien Clubfoot dan Miranda Kerr Tea For One Teapot. Temuan penelitiannya ini sarat dengan nilai-nilai kemanusiaan.

Prof Dr Ir Paulus Wisnu Anggoro bersama keluarga. Foto: Humas UAJY

Dalam penelitian itu, Prof Paulus Wisnu berhasil mengembangkan Sepatu Orthotik Custom untuk Pasien Clubfoot atau kelainan bentuk kaki. Clubfoot merupakan salah satu penyakit bawaan sejak lahir yaitu kelainan kaki yang menyebabkan kaki tidak berbentuk normal.

Melalui penelitian itu, Prof Paulus Wisnu dengan menggunakan metode foambox dapat tercipta sepatu yang dapat mengikuti bentuk kaki dari pasien yang mengalami kelainan. Orang yang mengalami kelainan bentuk kaki akhirnya dapat menggunakan sepatu sesuai dengan bentuk kaki.

“Sisi humanis yang dijunjung UJAY ini yang mengantarkan kami membantu orang lain untuk dapat berjalan dengan lebih baik,” ujar Wisnu Anggoro dalam pidato pengukuhan sebagai Guru Besar Fakultas Teknik UAJY.

BACA JUGA:

Selain itu, munculnya keinginan untuk terus bekerja sama dengan dosen dari berbagai bidang ilmu, seperti matematika dan fisika.

Sementara topik yang berkaitan dengan pengembangan produk keramik emboss merupakan pengembangan desain dan fabrikasi produk dining set tableware bermotif batik kawung dan berwarna unik sesuai budaya Indonesia, juga menjadi inovasi yang diciptakan oleh Prof Wisnu Anggoro melalui Aplikasi Teknologi Computer-Aided Reverse Engineering System untuk memenuhi keinginan dan berinovasi.

Suasana Sidang Terbuka Senat Akademik Universitas (SAU) untuk pengukuhan Prof Dr Ir Paulus Wisnu Anggoro sebagai Guru Besar Fakultas Teknik UAJY, Kamis 29 Pebruari 2024. Foto: Humas UAJY

Pada kesempatan itu, Prof Wisnu berpesan kepada dosen-dosen UAJY bahwa pencapain sebagai Guru Besar harus mampu memberikan teladan bagi setiap orang. “Gelar Guru Besar akan membangun kebanggaan bagi UAJY khususnya bidang Teknik Industri. Mari kita bersama-sama membangun kolaborasi riset yang sesuai dengan visi misi UAJY,” ajak Prof Wisnu Anggoro.

Dr G Sri Nurhartanto SH LLM, Rektor UAJY, mengucapkan selamat atas pidato pengukuhan Prof Wisnu sebagai Guru Besar UAJY. Dengan pengukuhan kali ini, UAJY kini memiliki18 dari berbagai disiplin ilmu.

“Mewakili pimpinan universitas, jumlah Guru Besar UAJY diharapkan terus bertambah agar nama UAJY semakin berjaya. Kami berharap dan mengajak seluruh Guru Besar memberikan sumbangsih yang konkrit untuk kemajuan Indonesia,” kata Rektor UAJY. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *