IKM Kabupaten Manggarai Barat Ikuti Pameran di Galeria Mall Yogyakarta

beritabernas.com – Dalam rangka meningkatkan dan mendukung para pelaku IKM ( Industri Kecil dan Menengah), Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, NTT mengikuti pameran nasional di Galeria Mall Yogyakarta, pada 24-26 Agustus 2023.

Pameran ini diikuti para pelaku IKM tenun, olahan komoditi ikan dan kopi serta IKM produk anyaman. Dengan mengikuti pameran para pelaku IKM diharapkan mampu bersaing dengan para pelaku IKM di Indonesia dan tentunya bisa menjaga kualitas produk.

Kadis Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Manggarai Barat Gabriel Bagung SE mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk dukungan dari Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dan tentunya sebagai ajang promosi dan investasi.

“Kami juga akan menyiapkan rencana konsep pembangunan industri kecil menengah supaya lebih maju,” kata Gabriel yang akrab disapa Gabi.

Produk tenun IKM Manggarai Barat yang dipamerkan. Foto: Istimewa

Dengan pameran ini diharapkan bisa menjadi kolaborasi yang solid untuk kemajuan industri IKM di Manggarai Barat. “Sebagai daerah destinasi wisata premium di NTT kami harus terus meningkatkan daya saing produk agar bisa menguasai pasar, ” ujar Gabriel.

Pameran ini juga sebagai ajang pengelolaan sistem informasi industri. Dalam pameran ini ditampilkan aneka tenun khas Manggarai yang telah menjadi produk yang diminati masyarakat di Indonesia. Ada peci khas Manggarai, topi, baju, rompi dan juga aneka tas.

Produk IKM Manggarai Barat yang dipamerkan. Foto: Istimewa

Untuk produk olahan minuman juga tersedia kopi khas Manggarai dalam bentuk kemasan bubuk maupun biji baik Arabika maupun Robusta. Selain itu ada souvenir dan merchandise menarik khas Manggarai Barat dari bahan daur ulang sampah plastik dari tutup botol dan juga aneka kayu dari sampah di pinggiran pantai.

Salah satu peserta pameran IKM Restituta Kurnia Wela mengapresiasi adanya pameran ini. “Semoga produk IKM Manggarai Barat bisa bersaing di pasar nasional dan internasional. Karena Manggarai Barat kini menjadi destinasi wisata internasional, kami harus terus berbenah dan melakukan promosi serta inovasi,” kata Restituta. (Ari Rheno Prakosa)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *