Indonesia Tampil di Asian Eats 2023 dengan Beragam Masakan, Seni dan Budaya

beritabernas.com – Indonesia berpartisipasi dalam Asian Eats 2023 yang digelar selama 3 hari di Grand Atrium, Shangri-La Plaza, Manila, Filipina, sejak 28 April hingga 30 April 2023.

Asian Eats 2023 yang diadakan oleh Asia Society Philippines dan diikuti Indonesia, Jepang, Australia, Korea Selatan, Thailand, India, Korea Selatan, Laos, Malaysia, Vietnam dan tuan rumah Filipina ini beragam ekspresi dan perayaan masakan, seni dan budaya Asia.  

Dalam Asian Eats 2023 ini, Indonesia menampilkan peragaan busana daerah, vocal group dan tarian Indonesia. Selain itu, mempromosikan keragaman kuliner dan seni budaya, Indonesia mendorong pengarusutamaan gender di Filipina

Direktur Asia Society Philippines Joy Alampay yang dikutip Partogi Samosir selaku Chairman Manila Ideas Rountable dalam rilis yang dikirim kepada beritabernas.com, Selasa 2 Mei 2023, mengatakan, menyatakan Asian Eats 2023 merupakan festival makanan yang unik, karena juga menampilkan beragam ekspresi dan perayaan masakan, seni dan budaya Asia.  

Penampilan Indokustik di ajang Asian Eats 2023 di Fiilipina. Foto: Istimewa

Menurut Partogi Samosir, partisipasi Indonesia dalam Asian Eats 2023 tidak hanya untuk mempromosikan keragaman kuliner dan seni budaya tetapi juga untuk mendorong Pengarusutamaan Gender di Filipina. Sehingga ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Manila yang dipimpin Ibu Ranny Widjojo berpartisipasi penuh dalam festival makanan Asian Eats 2023 ini. 

Dikatakan, stan makanan Indonesia pada Asian Eats 2023 diwakili oleh Rumah Makan Padang Huang Jia dan Restoran Bakmi Nyonya yang kualitas masakannya sudah terbukti sangat populer di Filipina. 

“Makanan Indonesia sangat digemari oleh para pengunjung. Hampir semua yang ditawarkan ludes dibeli oleh para pengunjung,” kata Bella Belliana Noviary, anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Manila yang hadir pada festival makanan tersebut. 

Sementara Diaspora Indonesia, Juni Mardalena Panggabean, menyatakan, festival makanan Asian Eats 2023 ini kembali menjadi ajang pembuktian bahwa Indonesia memang terkenal dengan makanan yang hanya memiliki dua rasa, yakni enak dan enak sekali 

Penampilan seni tari Indonesia di Asian Eats di Filipina. Foto: Istimewa

Sejumlah pengunjung berkebangsaan Filipina, Korea, Australia dan Jepang mengaku kreativitas bangsa Indonesia punya nilai lebih, karena Indonesia memiliki budaya yang sangat beragam. Budaya Indonesia sedemikian kaya sehingga hanya Indonesia yang tampil penuh selama tiga hari. Sedangkan negara-negara lain hanya menampilkan atraksi satu hari. “Bahkan tuan rumah Filipina pun hanya tampil selama dua hari,” kata Partogi.

BACA JUGA: Dubes RI untuk Filipina: Pemilu jadi Pilar Utama bagi Sebuah Negara yang Demokratis

Menurut Partogi, pada hari pertama festival, Indonesia menggoyang Grand Atrium dengan lagu-lagu yang dilantunkan oleh Indokustik yang terdiri dari gitaris Hery Kemit, perkusionis Aditya Perdana dengan penyanyi Innang Kasim dan Mila Tarigan. Kemampuan menggoyang Grand Atrium tersebut wajar, karena Indokustik merupakan Juara Pertama Embassy’s Got Talent Philippines 2023. 

Seorang Chef ternama Indonesia, Bowo, melakukan demo masak rendang. Melalui peragaan yang sederhana tapi produktif, Chef Bowo memuaskan petualangan gastronomi para pengunjung festival makanan Asian Eats 2023. 

Mayoritas pengunjung bukan warga Indonesia menilai demo masak rendang sangat bermanfaat bagi mereka. “Kami menjadi tahu cara membuat hidangan rendang yang sudah terkenal sangat lezat itu. Besok pagi kami akan langsung mempraktekkannya di rumah. Sekarang kami akan membeli bumbu-bumbunya di stan Indonesia,” kata beberapa pengunjung.

Pada hari kedua, ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan KBRI Manila menggetarkan Shangri-la Plaza melalui fashion show kostum eksotik pakaian adat tradisional dari berbagai daerah Indonesia. 

Para hadirin semakin antusias, karena menyaksikan tarian Maumere yang dibawakan oleh ibu-ibu DWP Persatuan KBRI Manila. Tampak Duta Besar Indonesia untuk Filipina, Palau dan Marshall Island Agus Widjojo dan ibu Ranny Widjojo serta Wakil Kepala Perwakilan KBRI Manila Dodo Sudrajat dan Ibu Ika Sudrajat ikut menarikan Maumere di atas panggung Grand Atrium, Shangri-La Plaza. 

Ibu-ibu Dharma Wanita dan warga Indonesia di Filipina. Foto: Istimewa

Setelah tarian ,MC kondang Chot Reyes mengumumkan bahwa Indonesia mengadakan kompetisi menarikan tarian Maumere yang berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) tersebut. Kompetisi diikuti oleh puluhan pengunjung yang bukan Warga Negara Indonesia. 

Sementara pada hari terakhir, Indonesia kembali mengharubirukan Grand Atrium dengan menampilkan Tari Yapong secara kolaboratif oleh warga negara Indonesia dan Filipina, yaitu Mila Tarigan, Cinthia Korpue dan Mary Antonette Gonzales. 

Kemeriahan penampilan Indonesia ditutup dengan penampilan sang Juara Pertama Embassy’s Got Talent Philippines 2023 yaitu Indokustik. Setelah menyanyikan beberapa lagu, para pengunjung berteriak more, more, more meminta Indokustik terus mengalunkan lagu-lagu mereka. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *