Ini Cara Pemerintah Menumbuhkan Kesempatan Kerja dan Usaha

beritabernas.com – Pandemi Covid-19 berdampak pada perubahan perilaku dari tenaga kerja di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Sebagai negara dengan demografi yang relatif didominasi generasi muda, Indonesia memiliki potensi tenaga kerja yang luar biasa.

Menurut Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, pandemi menyebabkan manusia beradaptasi pada situasi normal yang baru sehingga memunculkan cara kerja baru. Karena pengaruhnya juga berdampak pada pasar tenaga kerja maka BPJS Ketenagakerjaan tentu harus melihat dinamika ini dan terus menggali informasi mengenai kondisi tenaga kerja Indonesia. Terlebih, tenaga kerja merupakan salah satu fondasi yang sangat penting bagi sebuah perekonomian.

Baca juga: Menkeu Sri Mulyani: Proses Pemulihan Ekonomi Indonesia Relatif Cepat dan Kuat

“APBN pun turut berperan aktif untuk mendorong produktivitas tenaga kerja Indonesia,” kata Menkeu Sri Mulyani yang dikutip beritabernas.com di akun instagramnya.

Dikatakan, selain upaya memerangi kemiskinan agar kelompok masyarakat miskin tetap bisa produktif, APBN juga menciptakan banyak kebijakan untuk dunia usaha, seperti pembiayaan Ultra Mikro (UMi) untuk UMKM hingga Kredit Usaha Rakyat (KUR).

https://www.instagram.com/smindrawati/

“Inilah salah satu cara kita untuk menumbuhkan kesempatan kerja dan usaha, sekaligus upaya untuk tetap menjaga produktivitas tenaga kerja kita yang baik,” kata Menkeu Sri Mulyani.

Ia pun berharap jajaran eksekutif BPJS Ketenagakerjaan juga terus berupaya bersama mengembangkan pasar tenaga kerja Indonesia. Produktivitas, pendidikan, skill, daya tawar dan kemampuan untuk bisa berkompetisi mereka harus terus ditingkatkan.

“Masih banyak disrupsi terhadap pasar tenaga kerja di masa mendatang sehingga kepada BPJS Ketenagakerjaan saya ucapkan selamat bekerja menjalankan amanah dengan dedikasi dan integritas total,” kata Menkeu Sri Mulyani.

“Terimakasih Ibu Srimulyani, Engkau Telah Memberikan Kekuatan Indonesia dalam Menghadapi Goncangan Crisis Global. Semoga Indonesia Kedepan Akan Lebih Baik Lagi,” ucap Gatot Sustianto pemilik akun instagram @gatot_sustianto di kolom komentar. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *